MODEL PENALARAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PBSI FBS UNY

Authors

  • Ary Kristiyani

DOI:

https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3190

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penalaran penulisan artikel
ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain ini untuk
membuat estimasi beberapa gejala dalam konteks data. Desain tersebut digunakan jika
analisis konten merupakan satu-satunya teknik yang digunakan. Penelitian ini menemukan
berbagai model penalaran penulisan artikel ilmiah mahasiswa Program Studi PBSI, FBS,
UNY. Model penalaran penulisan artikel ilmiah dapat diklasifikasikan berdasarkan arah
atau alur penalaran yakni penalaran deduktif dan penalaran induktif. Model penalaran
deduktif bersifat dominan, artinya di setiap artikel ilmiah mahasiswa terdapat model
penalaran tersebut, bahkan model tersebut beberapa kali muncul pada setiap artikel ilmiah
mahasiswa. Model penalaran juga dapat diklasifikasikan berdasarkan urutan pengembangan
paragraf. Temuan dalam penelitian ini antara lain model urutan waktu atau kronologis dan
model urutan kepentingan.
Kata kunci: Model penalaran, artikel ilmiah.

Author Biography

Ary Kristiyani

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

[1]
Kristiyani, A. 2014. MODEL PENALARAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PBSI FBS UNY. Diksi. 2, 22 (Sep. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3190.