MODEL PENALARAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PBSI FBS UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3190Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penalaran penulisan artikel
ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain ini untuk
membuat estimasi beberapa gejala dalam konteks data. Desain tersebut digunakan jika
analisis konten merupakan satu-satunya teknik yang digunakan. Penelitian ini menemukan
berbagai model penalaran penulisan artikel ilmiah mahasiswa Program Studi PBSI, FBS,
UNY. Model penalaran penulisan artikel ilmiah dapat diklasifikasikan berdasarkan arah
atau alur penalaran yakni penalaran deduktif dan penalaran induktif. Model penalaran
deduktif bersifat dominan, artinya di setiap artikel ilmiah mahasiswa terdapat model
penalaran tersebut, bahkan model tersebut beberapa kali muncul pada setiap artikel ilmiah
mahasiswa. Model penalaran juga dapat diklasifikasikan berdasarkan urutan pengembangan
paragraf. Temuan dalam penelitian ini antara lain model urutan waktu atau kronologis dan
model urutan kepentingan.
Kata kunci: Model penalaran, artikel ilmiah.
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
[1]
Kristiyani, A. 2014. MODEL PENALARAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PBSI FBS UNY. Diksi. 2, 22 (Sep. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3190.
Issue
Section
Articles
License
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi