PENERAPAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMP

Authors

  • Setyawan Pujiono

DOI:

https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3186

Abstract

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap
kualitas pembelajaran keterampilan menulis argumentasi di sekolah. Pembenahan
tersebut dapat dimulai dari pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu,
upaya tindakan ini akan mencoba meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran
keterampilan menulis argumentasi dengan strategi pramenulis cubing. Kegiatan penelitian
ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta.
Prosedur dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melaksanakan
penelitian yang terarah dan teratur dalam prosesnya yang panjang dan kompleks, maka
peneliti membagi pelaksanaan penelitian ini dalam siklus dan dilanjutkan dengan
pengamatan, refleksi dan pelaporan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi
pramenulis cubing ternyata mampu meningkatkan kemampuam siswa dalam menulis
argumentasi. Hasil pembahasan tim peneliti dalam proses pembelajaran dan produk tulisan
siswa, ternyata strategi cubing dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Hal
tesebut dapat dilihat pada pemaparan argumentasi berikut ini. Subjek penelitian berjumlah
34 siswa, sedangkan dua siswa tidak mengikuti ujian akhir karena sakit. Hasil evaluasi
siklus II (akhir) nilai yang diperoleh siswa antara 60 s.d 70 sejumlah 12 siswa, nilai 71
s.d 80 sejumlah 19 siswa , dan nilai yang di atas 81 sejumlah 1 siswa.
Keywords: prewriting, cubing, argumen, and strategi

Author Biography

Setyawan Pujiono

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

How to Cite

[1]
Pujiono, S. 2015. PENERAPAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMP. Diksi. 2, 22 (Feb. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3186.