ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA

Authors

  • Mayang Widi Pamulat
  • - Sugirin

DOI:

https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3178

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan kesalahan sintaksis dan morfologis pada
karangan narrative, recount, dan procedure siswa kelas X SMA BOPKRI I Yogyakarta
serta kemungkinan penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang
menggunakan karangan siswa sebagai sumber data. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan taksonomi kesalahan (Dulay, 1982), teori penyebab kesalahan berbahasa
(Richards, et al. 1974), dan metode agih-padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
siswa berprestasi tinggi dan sedang memiliki peluang kesalahan relatif sama, sedangkan
siswa berprestasi rendah memiliki peluang kesalahan lebih tinggi; (2) kesalahan sintaksis
paling dominan adalah kesalahan bentuk verba, yaitu penggunaan sistem kala, dan
kesalahan morfologis paling dominan adalah penghilangan infleksi verba; (3) kesalahan
yang mendapat prioritas utama perbaikan adalah kesalahan dengan frekuensi paling
dominan serta kesalahan global yang berupa kesalahan susunan kata; (4) frekuensi
kesalahan ketiga karangan siswa cukup tinggi dan sering terjadi dua kesalahan atau lebih
dalam satu kalimat; dan (5) penyebab kesalahan adalah faktor antarbahasa dan faktor
intrabahasa.
Kata kunci: analisis kesalahan, sintaksis, morfologis, implikasi, pembelajaran

Author Biographies

Mayang Widi Pamulat

Universitas Negeri Yogyakarta

- Sugirin

Universitas Negeri Yogyakarta

Published

2014-09-01

How to Cite

[1]
Pamulat, M.W. and Sugirin, .-. 2014. ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA. Diksi. 2, 22 (Sep. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3178.