REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM ADVERTORIAL PRENAGEN: KAJIAN WACANA KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3165Abstract
ABSTRAKWacana iklan advertorial merupakan bentuk tindakan, sebuah bentuk interaksi.
Sebagai sebuah interaksi sosial, wacana iklan advertorial memiliki tujuan membentuk
masyarakat konsumerisme. Oleh sebab itu, iklan advertorial disusun secara sadar dan
terkontrol. Dengan menggunakan ancangan analisis wacana kritis, tulisan ini bertujuan
mengupas representasi konsumerisme dalam iklan advertorial Prenagen. Representasi
konsumerisme dikaji dari aspek kata dan kalimat yang dikemukakan Fairclough. Dilihat dari
diksinya, iklan Prenagen menggunakan pilihan kata yang bernilai pengalaman, ekspresif,
dan relasi. Dilihat dari kalimatnya, iklan Prenagen menggunakan struktur kalimat aktif
dan pemfokusan pada predikat serta pemfokusan pada keterangan tujuan. Kalimat aktif
dalam iklan Prenagen ditandai dengan (nama) produk digunakan sebagai pelaku (agen).
Dalam upaya memberi efek persuasi digunakan metafora untuk memberikan sifat insani
pada produk.
Kata kunci: representasi, konumerisme, kajian wacana kritis
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
[1]
Martutik, .-. 2014. REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM ADVERTORIAL PRENAGEN: KAJIAN WACANA KRITIS. Diksi. 2, 22 (Sep. 2014). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3165.
Issue
Section
Articles
License
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi