ASPEK PENGETAHUAN DALAM TUTURAN BERTANYA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARANASPEK PENGETAHUAN DALAM TUTURAN BERTANYA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

March 13, 2018
March 13, 2018

Downloads

Penelitian ini mengkaji masalah tentang aspek pengetahuan dalam tuturan bertanya guru bahasa Indonesia. Objek dalam penelitian ini adalah tuturan bertanya guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Dari hasil analisis ditemukan empat tingkatan/level aspek pengetahuan dalam tuturan bertanya guru bahasa Indonesia, yaitu level I-Low Order Convergent, level II-High Order Convergent, level III-Low Order Divergent, dan level IV-High Order Divergent. Hasil temuan tersebut menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran banyak ditemukan tuturan tanya guru dengan tingkat/level I. Hal ini berarti tuturan tanya guru dalam proses pembelajaran banyak menggunakan tuturan dengan aspek pengetahuan yang sederhana atau rendah. Hasil analisis menunjukkan ada tiga temuan terkait konten/isi dalam tuturan bertanya guru bahasa Indonesia, yaitu pertanyaan konseptual, pertanyaan empiris, dan pertanyaan nilai. Dari ketiga isi tuturan bertanya tersebut, yang paling banyak muncul adalah tuturan bertanya konseptual. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran guru banyak mengajukan pertanyaan terkait konsep materi tertentu.

Kata Kunci: aspek pengetahuan, konten, tuturan, tanya, pembelajaran

 

KNOWLEDGE ASPECT OF INTERROGATIVE SPEECH

OF INDONESIAN LANGUAGE TEACHERS IN TEACHING PROCESSES

 

ABSTRACT

This study aims knowledge aspect of interrogative speech of Indonesian language teachers. The objectwas interrogative speechs of Indonesian language teachers. The data was analyzed by content analysis techniques. Based on data analysis reaveals four levels of knowledge aspect in interrogative speech of Indonesian language teachers: level I-Low Order Convergent, level II-High Order Convergent, level III-Low Order Divergent, and level IV-High Order Divergent. The result reaveals that interrogative speech of Indonesian language teachers level I was most frequently used. It's mean, the teachers used many interrogative speech level I or low knowledge aspect in teaching  processes.There are three contents of the interrogative speech act of Indonesian teachers in teaching processes: conceptual question, empirical question, and value question. Of the three contents of the question, the most frequently used is conceptual question, because in teaching the teachers ask more about the concept of a particular material.

Keywords: knowledge aspect, content, speech, interrogative, teaching