PENGEMBANGAN MATERI BELAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS VII PROGRAM SATURDAY ENGLISH SCHOOL (SES) DI SMPIT ABU-BAKAR YOGYAKARTA
Vol. 24 No. 1: DIKSI MARET 2016
Articles
October 31, 2016
October 31, 2016
Downloads
siswa, (2) mengembangkan materi belajar berbicara bahasa Inggris yang tepat untuk siswa
kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembanganyang mencakup tujuh
langkah kegiatan, yaitu: menganalisis kebutuhan, mengembangkan kisi-kisi pelajaran,
mengembangkan draft pertama, meminta pendapat ahli, menguji coba materi, mengevaluasi
dan memperbaiki materi, dan menulis draft akhir. Subjeknya adalah siswa kelas VII
program SES SMPIT ABY. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar angket dan
petunjuk wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa: kebutuhan targetdan kebutuhan belajar
siswa ABY adalah materi belajar bahasa Inggris yang terkait dengan muatan ke-Islam-an.
Kebutuhan belajar siswa terkait dengan tujuan, masukan, latar, prosedur, peran guru dan
peran murid. Empat unit telah dikembangkan berdasarkan kebutuhan target dan kebutuhan
belajar. Nilai rata-rata setiap komponen Task untuk semua unit berada di antara 2,52< OE ≤
3,27 dan 3,28 < OE ≤ 4,03. Hal ini menandakan bahwa materi yang dikembangkan sudah
tepat untuk siswa kelas VII program SES di SMPIT ABY.
Kata Kunci: materi belajar berbicara bahasa Inggris, Program Saturday English School (SES)
[1]
Yana, D. and Priyana, J. 2016. PENGEMBANGAN MATERI BELAJAR BERBICARA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS VII PROGRAM SATURDAY ENGLISH SCHOOL (SES) DI SMPIT ABU-BAKAR YOGYAKARTA. Diksi. 24, 1 (Oct. 2016). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11503.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi