ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA
Vol. 24 No. 1: DIKSI MARET 2016
Articles
October 31, 2016
October 31, 2016
Downloads
karangan narrative, recount, dan procedure siswa kelas X SMA BOPKRI I Yogyakarta
serta kemungkinan penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang
menggunakan karangan siswa sebagai sumber data. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan taksonomi kesalahan (Dulay, 1982), teori penyebab kesalahan berbahasa
(Richards, 1974), dan metode agih-padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa
berprestasi tinggi dan sedang memiliki peluang kesalahan relatif sama, sedangkan siswa
berprestasi rendah memiliki peluang kesalahan lebih tinggi; (2) kesalahan sintaksis paling
dominan adalah kesalahan bentuk verba, yaitu penggunaan sistem kala, dan kesalahan
morfologis paling dominan adalah penghilangan infleksi verba; (3) kesalahan yang
mendapat prioritas utama perbaikan adalah kesalahan dengan frekuensi paling dominan
serta kesalahan global yang berupa kesalahan susunan kata; (4) frekuensi kesalahan ketiga
karangan siswa cukup tinggi dan sering terjadi dua kesalahan atau lebih dalam satu kalimat;
dan (5) penyebab kesalahan adalah faktor antarbahasa dan faktor intrabahasa.
Kata kunci: analisis kesalahan, sintaksis, morfologis, implikasi, pembelajaran
[1]
Kristi, M.W.P. and Sugirin, .-. 2016. ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DAN MORFOLOGIS KARANGAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA BOPKRI I YOGYAKARTA. Diksi. 24, 1 (Oct. 2016). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11501.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi