KEEFEKTIFAN CLT, TBLT DAN CLA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
Vol. 24 No. 1: DIKSI MARET 2016
Articles
October 31, 2016
October 31, 2016
Downloads
(1) Communicative Language Teaching (CLT) dan Cooperative Learning Approach(CLA),
(2) Task-Based Language Teaching(TBLT) dan Cooperative Learning Approach, dan (3)
Communicative Language Teaching dan Task-Based Language Teaching dan (4) yang paling
efektif antara Communicative Language Teaching, Task-Based Language Teaching dan
Cooperative Learning Approach dalam pembelajaran keterampilan berbicara mahasiswa
Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan
nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
semester 5 Universitas Cokroaminoto Palopo, tahun ajaran 2013/2014. Sample dipilih
menggunakan teknik simplecluster random sampling. Data dianalisis menggunakan oneway
ANOVA dan dilanjutkan dengan UjiScheffe. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1)
Communicative Language Teaching lebih efektif daripada Cooperative Learning Approach
dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference = 10.08920, (2)
Task-Based Language Teaching lebih efektif daripada Cooperative Learning Approach
dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference = 19.42360,
dan (3) Task-Based Language Teaching lebih efektif daripada Communicative Language
Teaching dalam pembelajaran keterampilan berbicara, dengan nilai mean difference =
9.33440 dan (4) Task-Based Language Teaching paling efektif diantara ketiga pendekatan
yang diteliti.
Kata Kunci: Communicative Language Teaching, Task-Based Language Teaching,
Cooperative Learning Approach
[1]
Musliadi, M. and Widyastuti, P. 2016. KEEFEKTIFAN CLT, TBLT DAN CLA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO. Diksi. 24, 1 (Oct. 2016). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11497.
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi