PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA, PENGUASAAN KOSAKATA, DAN PEMAHAMAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA

Authors

October 31, 2016
October 31, 2016

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) kemampuan membaca,
penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama; (2) kemampuan
membaca; (3) penguasaan kosakata; (4) pemahaman tata bahasa terhadap kemampuan
menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini
adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba yang
telah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah
proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah satu angket dan tiga tes. Data
dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Regresi Parsial.
Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan
pemahaman tata bahasa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis
narasi siswa (Fhitung = 24,475; (0,000 < 0,05). (2) Kemampuan membaca berpengaruh
terhadap kemampuan menulis narasi siswa (thitung = 4,481; 0,000 <0,05). (3) Penguasaan
kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa( thitung = 3.022; 0,003 <
0,05). (4) Pemahaman tata bahasa tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi
siswa (thitung = 1,113; 0,267 > 0,05).
Kata Kunci: kemampuan membaca, penguasaan kosakata, pemahaman tata bahasa,
kemampuan menulis narasi