PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.75530Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar, pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Darawolong IV yang terletak di Dusun krajan Desa Darawolong Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental design dengan tipe One-grup Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh siswa SDN Darawolong IV tahun ajaran 2023/2024 dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel didapatkan dari kelas IV dengan jumlah 29 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran. hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, 0,000 < 0,05 maka sesuai H0 ditolak dan H1 diterima. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat adanya pengaruh dari penggunaan media pembelajaran interaktif powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar.
References
Aliyah, A. & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 921–928. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946
Alpian, Y. dkk. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 2019.
Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.555
Arsana, I. . K. dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 1689–1699.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128
Ibrahim, F. dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.
Khotimah, S. H., & As'ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.
Putri, D. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 24–31. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i1.48
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2029). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Untari, E. (2017). Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif TipeSTADDan TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 35–42.
Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.