Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
DOI:
https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.43963Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa metode Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yang akan diberikan tindakan, yaitu pada kelas eksperimen yang diterapkan metode Discovery Learning sedangkan pada kelas kontrol yang diterapkan metode konvensional dengan memberikan soal pre-test dan post-test pada kedua kelas tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Wanasari 08 dengan jumlah seluruhnya 93 siswa. Sampel diambil dengan teknik Porposive Sampling dan jumlah keseluruhan sampel yaitu 58 siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning lebih efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil uji N-Gain yang didapat bahwa adanya peningkatan sebesar 75%. Oleh sebab itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan diterapkan metode Discovery Learning memiliki penagruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi uji T Independent yang didapat nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dinyatakan signifikan atau H0 ditolak Ha diterima.Downloads
Published
2023-06-11
How to Cite
[1]
Musdalifah, K. 2023. Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 6, 1 (Jun. 2023), 15–22. DOI:https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i1.43963.
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.