Asesmen pembelajaran selama masa Pandemi: A systematic literature review

Nani Widiawati, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Neni Wahyuningtyas, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Idris Idris, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi memiliki kondisi dimana guru dan peserta didik tidak dapat bertatap muka secara langsung. Hal ini tentu menyulitkan guru dalam melakukan kontrol kelas sehingga guru dalam melaksanakan asesmen perlu adanya penyesuaian dan inovasi. Kini, belum diketahui secara menyeluruh bagaimana pelaksanaan asesmen yang dilakukan oleh para guru. Karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui asesmen yang digunakan, penerapan assesmen pembelajaran dan assessmen yang paling sering digunakan pada pembelajaran selama masa pandemi. Penelitian ini dipandu oleh PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic review and Meta-Analyses). Dengan menggunakan basis data Dimensions dan Google Scholar. Berdasarkan 12 artikel terpilih, penelitian ini mengidentifikasi asesmen yang digunakan selama masa pandemi yakni asesmen kognitif, asesmen afektif, dan asesmen psikomotor. Asesmen yang paling sering digunakan selama masa pandemi yakni asesmen kognitif dengan media google form. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka rekomendasi ditujukan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih dikerucutkan pada satu satuan pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menangah pertama atau sekolah menegah atas saja.


Learning assessment during a pandemic: A systematic literature review


Learning during the pandemic has conditions where teachers and students cannot meet face-to-face. This of course helps the teacher in controlling the class so that the teacher in carrying out the assessment needs to adapt and innovate. At present, it is not yet fully known how the assessment carried out by the teachers is carried out. Therefore, the purpose of this study was to determine the assessment used, the application of learning assessments, and the most frequently used assessments in learning during the pandemic. This research was guided by PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses). By using the basic data Dimensions and Google Scholar. Based on 12 selected articles, this study identified the assessments used during the pandemic, namely cognitive assessments, affective assessments, and psychomotor assessments. The most frequently used assessment during the pandemic is a cognitive assessment using google form media. Based on the research results and conclusions, recommendations are addressed to further researchers to conduct more focused on one educational unit such as elementary school, junior high school, or high school only.


Keywords


asesmen pembelajaran; pembelajaran; masa pandemi; PRISMA

Full Text:

PDF

References


Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Summative assessment and formative assessment of online learning. Report of Biological Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37150/rebion.v2i1.1024

Amelia, S., Tursina, T., Nikmah, S., & Sofyan, F. A. (2020). Sistematika penilaian autentik dalam pembelajaran daring di rumah lewat televisi saat terjadinya Covid-19. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 120–131. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4141

Apriliani, K., Hermawan, G. S., & Yeni, Y. (2021). Pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas X smk negeri 1 Singaraja berbasis kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i2.33276

Ardhana, I. A. (2020). Penggunaan tes online “Testmoz” terintegrasi dengan Google Classroom sebagai alternatif alat penilaian pembelajaran daring. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 8(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.182

Arifuddin, A., Turmudi, T., & Rokhmah, U. N. (2021). Alternative assessments in online learning during Covid-19 pandemic: The strenghths and weaknesses. International Journal of Elementary Education, 5(2), 240. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.33532

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Bode, C., Herzog, C., & Hook, D. (2019). A guide to the dimensions data approach. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.5783094.v7

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Fereday, J., & Muir-Cochrane, E. (2006). Demonstrating Rigor using thematic analysis: A hybrid approach of inductive and deductive coding and theme development. International Journal of Qualitative Methods, 5(1), 80–92. https://doi.org/10.1177/160940690600500107

Herawan, E. (2014). Kepemimpinan mutu kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. PEDAGOGIA, 12(2), 51–59. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i2.3329

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19: Solusi atau masalah baru dalam pembelajaran? Journal Civics & Social Studies, 4(2), 47–56. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.918

Hook, D. W., Porter, S. J., & Herzog, C. (2018). Dimensions: Building context for search and evaluation. Frontiers in Research Metrics and Analytics, 3. https://www.frontiersin.org/article/10.3389/frma.2018.00023

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. JURNAL PETIK, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jumaeda, S., & Alam, S. N. (2020). Evaluasi pelaksanaan classroom assesment di madrasah tsanawiayah di Seppange kecamatan Bengo kabupaten Bone. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 66–79. https://doi.org/10.33477/alt.v5i2.1754

Kearns, L. R. (2012). Student assessment in online learning: Challenges and effective practices. Journal of Online Learning and Teaching, 8(3), 198.

Kemendikbud. (2020, March 24). Mendikbud terbitkan SE tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Kirana, K. T. (2021). Pembelajaran daring muatan pembelajaran IPS pada kelas V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 291–305. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.221

Marbun, P. (2021). Disain pembelajaran online pada era dan pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129–142. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Marno, M., & Tausih, T. U. (2021). Pelaksanaan penilaian ranah afektif menggunakan Google Form di era new normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270

Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan asesmen representasi melalui pendekatan student centered learning (SCL) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan psikomotor. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.215-222

Mouratidis, R. W. (2019). Dimensions. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 107(3), 459–461. https://doi.org/10.5195/jmla.2019.695

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas penilaian pembelajaran menggunakan Google Form pada pembelajaran daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152

Nugraheni, M. M., Sutopo, A., & Fuadi, D. (2021). Penilaian afektif dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 210–218. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8233

Pati, D., & Lorusso, L. N. (2018). How to write a systematic review of the literature. HERD: Health Environments Research & Design Journal, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.1177/1937586717747384

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: Kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Poerwanti, E. (2015). Konsep dasar asesmen pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Purwanti, E., Sulistyorini, S., Sismulyasih, N., Trimurtini, Ansori, I., & Marjuni. (2021). Asesmen otentik berbasis teknologi Plickers bagi siswa SD masa pandemi Covid-19. Sarwahita, 18(01), 1–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.181.1

Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis mesin pencarian Google Scholar sebagai sumber baru untuk kutipan. Journal Cerita, 3(2), 193–205.

Ratanasabilla, N. E., Sriyati, S., & Hamdiyati, Y. (2021). Penerapan peta konsep sebagai strategi asesmen formatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem koordinasi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.29999

Reeves, D. B. (2009). Ahead of the curve: The power of assessment to transform teaching and learning. Solution Tree Press.

Shaffril, H. A. M., Krauss, S. E., & Samsuddin, S. F. (2018). A systematic review on Asian’s farmers’ adaptation practices towards climate change. Science of The Total Environment, 644, 683–695. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2018.06.349

Shaffril, H. A. M., Samah, A. A., & Samsuddin, S. F. (2021). Guidelines for developing a systematic literature review for studies related to climate change adaptation. Environmental Science and Pollution Research, 28(18), 22265–22277. https://doi.org/10.1007/s11356-021-13178-0

Supriyatin, T., & Asih, D. A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran dalam jaringan (Daring) selama pandemi Covid-19 di SMAN 20 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 7(2), 455–463. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10567

Yantoro, Y., Hayati, S., & Rahmad, R. (2021). Strategi penilaian pembelajaran Matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1), 21–31. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.3657

Yolanda, D., Juhanda, A., & Nuranti, G. (2021). Profil pelaksanaan asesmen secara daring dalam menilai penguasaan konsep dan efikasi diri siswa SMA. Jurnal Biotek, 9(1), 113–125. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.20960




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.49523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats