Peningkatan kemandirian belajar matematika melalui strategi pembelajaran problem based learning
Adi Nurcahyo, Universitas Muhammadiyah Surakarta1, Indonesia
Diana Tri Purnamasari, SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2016). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. 13(3), 857-871. DOI https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00647a
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education. 1(2), 382-389. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78
Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP NEGERI DI KOTA CIMAHI. Journal on Education, 1(2), 68-77. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.71
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31-39. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352/249
Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.5
Fahrurrozi & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamdanwadi Press.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Journal on Education, 1(2), 288-296. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66
Gayatri, W. (2013). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Metode Cost Plus Princing Pada PT. Pertani ( Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: 1(4): 1817-1823. DOI https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3388
Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57. Retrieved from 268404813.pdf (core.ac.uk)
Isrok’atun & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkualitas. Lentera. IXX(2), 171-185. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/145304-ID-implementasi-teori-ekologi-bronfenbrenne.pdf
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media
Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(1). 10-16. DOI https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429
Nurdyansyah & Fahyuni F. E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD PRESS.
Rustyani, N., Komalasari, Y., & Bernard, M. (2018). UPAYA MENINGKATKAN DISPOSISI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISWA SMK KELAS X-RPL B. Journal on Education, 1(2), 265-270. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.57
Saputra, Nanda. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-38. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.
Velly, D. (2017). Improving Activities and Student Learning Results Through the Application of the Problem Based Learning Model in Physics Learning in Class XI MIPA1 SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2), 88-94. DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jgs.5.2.88-94
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399-408. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.75569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: