Peningkatan kemandirian belajar matematika melalui strategi pembelajaran problem based learning

Authors

  • Nanda Milenia Fitriani Universitas Muhammadiyah Surakarta1
  • Adi Nurcahyo Universitas Muhammadiyah Surakarta1
  • Diana Tri Purnamasari SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.75569

Keywords:

Kemandirian Belajar, Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL). Kemandirian belajar sangat penting dalam pembelajaran matematika agar siswa tidak hanya bergantung pada penjelasan guru dan mampu mencari sumber belajar lain secara mandiri. Namun, observasi awal menunjukkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII-E masih rendah, dengan rendahnya inisiatif mengerjakan tugas, ketergantungan tinggi pada penjelasan guru, dan kurangnya upaya mencari sumber belajar lain. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek 23 siswa kelas VIII-E tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, persentase pencapaian aktivitas pembelajaran dengan model PBL masih rendah yaitu 50% (pertemuan 1) dan 57% (pertemuan 2) dengan kategori cukup. Kemandirian belajar siswa juga masih rendah dengan hanya 18,75% sangat baik dan 25% baik (pertemuan 1) serta 25% sangat baik dan 18,75% baik (pertemuan 2). Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan persentase pencapaian aktivitas pembelajaran 70% (pertemuan 1) dan 77% (pertemuan 2) dengan kategori cukup dan baik. Kemandirian belajar siswa juga meningkat menjadi 31,25% sangat baik dan 31,25% baik (pertemuan 1) serta 61,25% sangat baik dan 31,25% baik (pertemuan 2). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.

Author Biographies

Nanda Milenia Fitriani, Universitas Muhammadiyah Surakarta1

Muhammadiyah University of Surakarta

Adi Nurcahyo, Universitas Muhammadiyah Surakarta1

Muhammadiyah University of Surakarta

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2016). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students' Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. 13(3), 857-871. DOI https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00647a

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education. 1(2), 382-389. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78

Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP NEGERI DI KOTA CIMAHI. Journal on Education, 1(2), 68-77. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.71

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31-39. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352/249

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.5

Fahrurrozi & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamdanwadi Press.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Journal on Education, 1(2), 288-296. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

Gayatri, W. (2013). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Metode Cost Plus Princing Pada PT. Pertani ( Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: 1(4): 1817-1823. DOI https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3388

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57. Retrieved from 268404813.pdf (core.ac.uk)

Isrok'atun & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkualitas. Lentera. IXX(2), 171-185. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/145304-ID-implementasi-teori-ekologi-bronfenbrenne.pdf

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3(1). 10-16. DOI https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429

Nurdyansyah & Fahyuni F. E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center

Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UAD PRESS.

Rustyani, N., Komalasari, Y., & Bernard, M. (2018). UPAYA MENINGKATKAN DISPOSISI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA SISWA SMK KELAS X-RPL B. Journal on Education, 1(2), 265-270. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.57

Saputra, Nanda. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-38. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Velly, D. (2017). Improving Activities and Student Learning Results Through the Application of the Problem Based Learning Model in Physics Learning in Class XI MIPA1 SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2), 88-94. DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jgs.5.2.88-94

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399-408. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Fitriani, N. M., Nurcahyo, A., & Purnamasari, D. T. (2024). Peningkatan kemandirian belajar matematika melalui strategi pembelajaran problem based learning. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), 79–89. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.75569