Online Submissions
Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah WUNY?
Go to Login
Need a Username/Password?
Go to Registration
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Author Guidelines
RAMBU-RAMBU BAGI PENGIRIM ARTlKEL "JURNAL WUNY"
1. "JURNAL WUNY" dimaksudkan sebagai forum informasi dan komunikasi tentang pemikiran-pemikiran ilmiah bagi guru dan pendidik lainnya.
2. Jurnal ini diterbitkan dua kali setiap tahun oleh Lembaga Penelitian dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY.
3. Redaksi "JURNAL WUNY" dapat menerima artikel berupa karya ilmiah baik hasil pemikiran, penelitian, maupun refleksi pengalaman lapangan yang bermanfaat untuk guru dan sesama praktisi pendidikan lainnya.
4. Artikel yang dikirimkan ke redaksi "JURNAL WUNY" harus merupakan artikel yang baru belum pernah dimuat dalam penerbitan apapun, dan tidak sedang dimintakan pemuatannya dalam media lain. Artikel yang bersumber dari basil penelitian kelompok, penulis perlu minta ijin dari anggota. Nama anggota-anggota kelompok dituliskan pada halaman pertama, baris paling bawah.
5. Artikel dikirimkan kepada redaksi tiga eksemplar serta softfile dalam format "doc" atau bisa dikirim via email ke lppmp@uny.ac.id.
6. Struktur artikel terdiri atas: judul, nama penulis, abstrak, bagian awal, isi, bagian akhir,
daftar pustaka yang diacu, dan biodata penulis.
7. lsi atau batang tubuh artikel berupa basil penelitian terdiri atas: abstrak, pendahuluan, pendekatan/prosedur/cara/metode, hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
8. Artikel berupa hasil pemikiran atau pengalaman lapangan, terdiri atas: abstrak, pendahuluan, kajian dengan sub-sub judul sesuai dengan substansi, kesimpulan, dan pustaka.
9. Judul artikel harus jelas, informatif, dan mengandung kata kunci, sebaiknya tidak lebihdari
14 kata.
10. Panjang naskah minimal 2.000 kata dan maksimal 2.500 kata atau 10-15 halaman kuarto (21 x 29,70 em), diketik spasi rangkap dengan margin kiri dan atas 4 cm, kanan dan bawah 3 cm, font times new roman 12 dengan program Windows MS Word.
11. Abstrak berisi intisari keseluruhan tulisan, disajikan secara naratif, dalam satu paragraf.
yang terdiri dari 200 sampai dengan 250 kata.
12. Nama penulis ditulis di bawah judul, tanpa gelar disertai dengan profesi, lembaga asal penulis, alamat email yang Ietaknya di bawah nama penulis. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
13. Penulisan sumber acuan: nama penulis sumber acuan yang berasal dari dalam negeri (Indonesia) dicantumkan secara lengkap, tetapi penulis yang berasal dari luar negeri harus ditulis nama akhirnya.
a. Kutipan tidak langsung: paragraf ditulis dengan parafrase, tidak terjemahan persis.
Terjemahan persis dianggap plagiat. b. Kutipan langsung:
1) Untuk penulis dari dalam (Indonesia)
Zuchdi (1994) menyatakan bahwa dilihat dari distribusi waktu penelitian kualitatif membutuhkan waktu yang cukup besar untuk melakukan persiapan sebelum sampai pada langkah pengumpulan data
2) Untuk penulis asing
"Developmental research may be misleading rather than informative when propositions about development of gender-typed behavior are tested with
measures of spontaneous performance rather than acquisition, as is usually the case" (Busey & Bara, 1999, p. 688)
Catatan: Penulis buku yang dikutip dengan pengarang terdiri dari 2 atau 3 orang tetap setiap nama pengarangnya ditulis secara lengkap.
14. Tabel dan ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta dan foto disajikan dengan ketentuan:
a. foto untuk gambar, peta, harus cukup tajam, dicetak: di atas kertas mengkilap
(glossy),
b. ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas, c. gambar dan grafik dibuat di atas kertas putih dan diberi nomor urut,
d. tabel menggunakan garis horisontal, tanpa garis vertikal.
Judul tabel di atas tabel, diketik dari tepi kiri
Table 3. Statistical Description of the Population
Statistical Description Score Number of Schools of Each level
Median | 22.801 |
|
Mean | 22.55 | |
SD | 2.25 | |
Bottom Level: < Mean – 1 SD | < 20.30 | 29 schools |
Middle level: Mean – 1 SD <X< Mean + 1 SD | 20.30 < X < 24.801 | 111 Schools |
Top Level: > Mean – 1 SD | > 24.801 | 22 schools |
e. Gambar, grafik, dan foto diberi kotak. Judul berada di atas diketik dari tepi kiri dan diberi nomor urut per bab. Keterangan gambar, grafik, dan foto diketik di bagian bawah, di dalam kotak.judul gambar, grafik, ditulis di tengah bawah.
Figure 2. A Simplified View of SCCT’s Model of Interest Development
Figure 2. Adapted from “A social cognitive view of career development and counseling” by R. W. Lent, 2005. In S. D. Brown & R. W. Lent (Eds.), Career development and counsenling: Putting theory and research to work, p. 106. Copyright 2005 by John Wiley & Sons, Inc.
15. Daftar Pustaka mengikuti model APA (American Psychological Association) disusun berdasarkan abjad, dan disesuaikan dengan rincian berikut.
a. Terbitan berkala atau jumal: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikelltulisan, judul terbitan (dicetak miring), volume, nomor, dan halaman.
Contoh:
Stoll, L. & Fink, D. (1992). "Effecting school change: The halton approach". School
effectiveness and school improvement: An international journal of research policy and practice, 3 (1). 19-41.
Herawati, L. (2010). "Estimasi parameter pendidikan kesehatan masyarakat hasil intervensi cooperative self help di propinsi DIY". Jurnal Kependidikan, 40 (1).
17-28.
Speed, G.I. (1983). "Do newspaper now give the news". Forum. 15:70S-701. (Masuk 3 digit atau karakter ke-4 mulai)
b. Buku: nama penulis (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul lengkap buku (cetak miring), kota penerbit, dan nama penerbit. Contoh:
Zuchdi, D. (1994). Metodologi penelitian kualitatif. IMPYogyakarta: FPBS.
Brown, D.H. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc.
Depdikbud. (1987). Materi dasar program pendidikan akta mengajar V: Metodologi penelitian Jakarta: Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi. Thayer• Bacon, Barbara, J. (1998). Philosophy aplied to education nurturing a democratic community in the classroom. New Jersey: Presntice Hall, Inc.
c. Buku yang terdiri atas beberapa artikel: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikell tulisan, nama penulis buku, judul buku, nama penyunting, kota penerbitan, nama penerbit, dan halaman.
Contoh:
Winch, C. (2006). "Graduate attributes and changing conceptions oflearning" dalam P. Hager & S. Holland (eds). Graduate attributes, learning and employability. Dordrecht: Springer.
Grundy, Shirley. (1996). Towards empowering leadership: the importance of imagining". In Ortrun Zubber Skerritt (Eds.). New directions in action research. Washington DC.: The Falmer Press.
(nama pada (eds) tidak dibalik)
d. Buku yang pengarangnya lebih dari tiga orang: semua nama penulis dicantumkan
Contoh:
Berry, lW., Poortinga, Y.H., Segall, M.H., & Dasen, P.R. (2002). Cross-cultural psychology: Research and applications. 2nd ed. UK: Cambridge University Press.
e. Artikel dalam internet: nama penulis, judul artikelltulisan, situsnya, tanggal pengunduhan.
Contoh:
Josephson Institute of Ethnic. (2000). The ethic of American youth. http://www. josephsoninstitute.org/-reportcardl. Diunduh pada tanggal25 Desember 2009.
f. Artikel dalam surat kabar harian: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel tulisan, judul terbitan (dicetak miring), tanggal, dan halaman
Contoh:
Arman, S.A. (1973). "Sekali lagi teroris". Kompas, 19 Januari 1973, halaman 5.
Kompas. (1991). "Pemukiman dan lingkungan". Kompas, 10 Februari 1991, halaman 3.
g. Artikel dalam surat kabar harian: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel tulisan, judul terbitan (dicetak miring), tanggal, dan halaman
Contoh:
Arman, S.A. (1973). "Sekali lagi teroris". Kompas, 19 Januari 1973, halaman 5. Kompas. (1991). "Pemukiman dan lingkungan". Kompas, 10 Februari 1991,
halaman 3.
16. Biodata ditulis secara naratif, maksimum 100 kata, memuat nama lengkap dan gelar pendidikan, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, nama lembaga tempat bekerja, serta karya ilmiah yang pemah dimuat dalam tiga tahun terakhir.
17. Beberapa kemungkinan tentang naskah yang dikirimkan untuk dimuat:
a. diterima dan diterbitkan,
b. diterima dengan perbaikan oleh dewan redaksi, c. diperbaiki untuk dipertimbangkan kembali,
d. ditolak karena tidak memenuhi syarat.
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
Copyright Notice
Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: