ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOK-R TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Syela Joe Dhesita, MAN Sukoharjo, Indonesia

Abstract


Pendidikan abad 21 bertujuan melahirkan generasi yang memiliki inovasi dan keterampilan belajar, mampu menggunakan dan mengakses media informasi, serta dapat menggunakan keterampilannya untuk bertahan hidup atau memiliki life skills. Rendahnya kemampuan Literasi menjadi permasalah utama dalam menjawab tantangan pendidikan abad 21. Guru sebagai sendi utama pendidikan harus turut mengambil epran dalam perubahan ini, sala satunya adalah dengan melakukan inovasi model pembelajaran. Dalam penelitian ini inovasi yang ditawarkan adalah model pembelajaran LOK-R sebagai solusi peningkatan kemampuan literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas XI IPS 1 MAN Sukoharjo, Jawa tengah. Teknik pengumpulan data adalah studi literatur, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Model pembelajaran LOK-R dapat digunakan menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan literasi sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran ini telah memanfaatkan pembelajaran berbasis literasi dimana bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami teks dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi sehingga terbentuk pribadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu proses pembelajaran yang dilakukan dengan tahapan Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi ini mendorong peserta didik untuk berpikir kritis hingga pada akhirnya siswa memiliki kemampuan mengelolah informasi dan berkomunikasi secara kreatif baik verbal maupun tulisan, bahkan digital dan visual. Harapannya diterapkannya pembelajaran LOK-R pada pelajaran sejarah dapat melahirkan generasi mud ayng memiliki kepekaan social dan tidak skeptis terhadap perkembangan bangsa hingga akhirnya dapat berperan aktif dalam persaingan global secara positif.

Keywords


model pembelajaran LOK-R; literasi sejarah; inovasi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ali Romdoni. (2013). Alquran dan Literasi, Sejarah Rancang Bangun Ilmu-Ilmu Keislaman. Literatur Nusantara: Jakarta

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Anggraini, V. D., & Mukhadis, A. (2013). Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Awal, Dan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2). Litbang Kemdikbud.

Bog, Robert dan Steven J. Taylor. (1993). Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills, 314–318.

Hendra Kurniawan. (2018). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Gava Media

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kern, Richard. (2000). Literacy & Language Teaching. Oxford : Oxford University Press.

Mulyono Abdurrahman. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Hamiyah & M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Said Hasan Hamid,dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas

Scholastica Gerintya. (2 Mei 2019). “Indeks Pendidikan Indonesia Rendah, Daya Saing pun Lemah”. Diakses dari: https://tirto.id/dnvR

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats