SMART APPS CREATOR (SAC) SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAIT INSAN MULIA BOARDING SCHOOL

Ardian Fahri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Proses pembelajaran memiliki berbagai komponen dalam pelaksanaannya. Salah satu komponen dalam mewujudkan pembelajaran adalah pengunaan media pembelajaran. Media dipergunakan sebagai penyalur informasi pengetahuan dari sumber belajar kepada penerima informasi. Pengunaan media pembelajaran pada sekolah berbasis Islamic Boarding School dapat meningkatkan minat serta membantu dalam keaktifan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran sebagai inovasi berbasis Smart Apps Creator (SAC) pada Mata Pelajaran Sejarah di sekolah berbasis Boarding School. Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan pengumpulan data melalui Observasi dan Studi Literatur yang dapat mendukung analisis berkaitan dengan karakteristik siswa berbasis Islamic Boarding School dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan maka diperoleh bahwa Pengunaan Smart Apps Creator (SAC) sebagai inovasi media Pembelajar Sejarah di SMAIT Insan Mulia Bording School. Hal ini didasarkan pada potensi serta kondisi yang ada di sekolah, melalui Smart Apps Creator berpotensi menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan kelebihan-kelebihan yang ada dalam SAC dan mendorong siswa menjadi lebih antusias serta aktif dan semangat dalam belajar serta mampu mendorong terwujudnya budaya belajar yang baru dalam kelas.

Keywords


Boarding School; Media Pembelajaran; Sejarah; Smart Apps Creator

Full Text:

PDF

References


Arif S. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta. Rineka Cipta.

Arifianto, Teguh. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta. Andi Publisher.

Arsyad, A. 2003. Media Pengajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Azizah,R.A. 2020. Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk megajarkan Global Warming. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Gerlach, V.G & Ely, D.F. 1971. Teaching and Media. A Systematic Approach. Englewwod Cliffs. Prantice-hall.

Maksudin. 2010. Pendidikan Islam Alternatif: Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School.Yogyakarta. Uny Press

Nurdyansyah,dkk. 2017. The Role of Education Technology in Mathematic of Third Grade Students in MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. Madrosatuna.Journal of Islamic Elementary School Vol. 1 (1).

Nurdyansyah. N., Andiek Widodo. 2015. Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo.Jakarta. Nizamia Learning Center

Royyani, Ali. 2020. Sistem Boarding School Di Masa Pandemi Di Man 1 Surakarta. Surakarta. Department of Islamic Religious Education, Muhammadiyah University of Surakarta ISEEDU Volume 4, Nomor 1.

S. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Sadiman, Arief S, dkk, 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Depok. Rajawali Pers Sadiman

Sanjaya, Wina.2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sauqy ahmad. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Inovatif dan Aplikatif). Surabaya . UM Surabaya Publishing

Sudjana, Nana,Ahmad Rivai.2011. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats