Pembelajaran Sains-Fisika Berbasis Konteks
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i6.4364Abstract
Mengajarkan sains-fisika dikatakan efektif jika siswa ditempatkan/ dipandang sebagai subjek. Sebagai subjek pembelajaran siswa memiliki pribadi dinamis yang sedang berjuang mengembangkan diri untuk menjadi lebih manusiawi, lebih sempurna dalam seluruh aspek kemanusiaannya,di antaranya pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap, dan perasaannya. Jadi, pembelajaran sains-fisika harus ditafsirkan sebagai penciptaan situasi, kemudahan, dan pemberian bimbingan agar mereka membentuk dan mengembangkan dirinya secara maksimal melalui serangkaian proses yang mereka alami dalam proses pembelajaran sains-fisika di sekolah. Belajar fisika bukan sekedar memahami suatu fakta tertentu, melainkan bagaimana mengintepretasikan fakta-fakta tersebut ke dalam konteks kehidupan pribadi siswa.Hal lain yang perlu diperhatikan juga dalam proses pembelajaran sains-fisika di sekolah, yakni guru sains-fisika (GSF) dapat membangkitkan semangat siswa untuk bertanya, menemukan jawaban, dan mengonstruksi setiap permasalahan yang dihadapi melalui gagasangagasan/ide-idenya sendiri.Downloads
Published
2015-05-15
How to Cite
H.Wenno, I. (2015). Pembelajaran Sains-Fisika Berbasis Konteks. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(6). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i6.4364
Issue
Section
WUNY
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.