MANAJEMEN HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Setiap kegiatan dalam organisasi membutuhkan manajemen, begitu pula dalam kegiatan hubungan masyarakat (Humas). Manajemen banyak diartikan sebagai ilmu dan seni untuk mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain. Ini berarti bahwa manajemen hanya dapat dilakukan apabila dalam pencapaian tujuan tersebut tidak hanya dilakukan seseorang tetapi juga dilakukan oleh lebih dari seorang demi pencapaian tujuan. Menurut Siagian (dalam Nasution, 2006) pengertian manajemen dalah sebagai proses menggerakkan orang lain untuk memperoleh hasil tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Proses dalam manajemen merupakan bentuk kemampuan atau ketreampilan memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan organisasi tersebut. Menurut Assumta (2001), definisi humas yang beraneka ragam tersebut mendorong International Public Relations Association (IPRA), yaitu persatuan para ahli dan praktisi public relations (Humas) memberikan definisi kerja bahwa humas adalah fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan penerangan dan tanggapan dalam hubungan opini publik; menetapkan dan menekankan tanggungjawab manajemen untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen dalam mengikuti memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistim peringatan yang dini dalam membantu kecenderungan; dan menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i5.4214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: