Sosiodrama pada Pembelajaran IPS sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3513Abstract
Sejatinya pendidikan merupakan suatu upaya membangun dan mengembangkan potensi manusia agar memiliki karakter, integritas, dan kompetensi yang bermakna dalam kehidupan. Namun yang terjadi selama ini, pendidikan cenderung menitikberatkan pada penguasaan aspek pengetahuan. Proses pendidikan dan pengajaran mengabaikan pengembangan sikap dan ketrampilan bersosialisasi, dengan menggunakan pendekatan yang mengarah ke indoktrinasi. Hal ini kurang memberi kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk menyampaikan ide-ide dalam pengembangan pengalaman dan potensi yang dimilikinya. Akibatnya pembelajaran seperi ini kurang mendukung pembentukan sikap demokratis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.