Upaya Guru PPKn Dalam Mengembangkan Civic Responsibility Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Lolofitu Moi 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v20i1.64971Keywords:
Pendidikan, Kewarganegaraan, TanggungjawabAbstract
Tanggung jawab dalam kamus besar bahasa indonesia (KKBI, 2007:1139) memiliki keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan lain sebagainya) Sikap tanggung jawab adalah sikap sadar diri dalam melaksanakan kewajiban, amanah atau kepercayaan yang telah diberikan kepada seseorang, menanggung sebab ataupun akibat dari hal-hal yang dipertanggung jawabkan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan analisis dengan pendekatan deskriptif. Dengan melakukan pengamatan langsung di sekolah SMA NEGERI 2 LOLOFITU MOI dan melakukan wawancara langsung kepada narasumber yang terdiri dari Guru mata pelajaran PPKn dan kepada siswa sebanyak 6 orang.
Hasil penelitian yang dilakukan dilapangan upaya guru dalam mengembangngkan sifat tanggung jawab siswa ialah guru selalu berperan aktif dan menjadi fasilitator dan motivator kepada siswa untuk mengembangkan sifat tanggung jawab siswa tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Peran guru dalam mengembangkan sifat tanggung jawabsiswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 2 Lolofitu Moi sebagai berikut memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa untuk memahami betapa pentignya perubahan perubahan sikap dan karakter kearah yang lebih baik seperti bertanggung jawab, kesungguhan belajar, dan menaati displin sekolah dan melakukan pendekatan kepada siswa seperti memanggil siswa ketika siswa dijalur yang salah untuk diarahkan kearah yang lebih baik tanpa menggunakan kekerasan ataupun tekanan kepada siswa sehingga siswa merasa nyaman.
References
Chotimah(2012)AltelrnatifPelmbellajaranPelndidikanKelwarganelgaraan:Selbagai Upaya Melncapai Civic Intellligelncel, Civic Participation DalamCivic Relsponsibility. ProsidingSelminar NasionalPelndidikan 2012,
Adawiah (2016) Stratelgi guru PKn melnanamkan karaktelr sopan santun DalampelmbellajaranpelndidikankelwarganelgaraandiSMPNelgelri3Banjarmasin.JurnalPelndidikan No 2 Vol 1Tahun2016
Almelrico.(2014).Buildingcharactelrthroughlitelracywithchildreln'slitelraturel. RelselarchinHighelrElducationJournal Volumel26–Octobelr,2014
Ananda(2010)PelndidikanKelwarganelgaraandanPelndidikanKaraktelrBangsa.JurnalPelndidikan. El-JournalWIDYA Non-Elksakta
Arikunto, Suharsimi dan Celpi Safruddin Abdu Jabar.2010 .ElvaluasiProgramPelndidikan.Jakarta.: Bumi Aksara
Arikunto.(2012). Proseldur Pelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktik.Jakarta : RinelkaCipta
Arsana (2013) Pelnanaman nilai nasionalismel dan patriotismeluntukmelwujudkanpelndidikankaraktelrpadamatapellajaranpelndidikankelwarganelgaraansiswa kellas X SMA Nelgelri 4 Sidoarjo.Kajian Moral dan KelwarganelgaraanNo1 Vol 1 Tahun 2013.
Asmani,Ma'mur.Jamal,(2012.)KiatMelngatasiKelnakalanRelmajaDiSelkolah.Jogjakarta:BukuBiru.
Asmani,J.(2012).BukuPanduanIntelrnalisasipelndidikanKaraktelrdiSelkolah.Jogjakar ta:DIVAPrelss.
Baraka.(2010).Citizelnship Elducation in Elgyptian Public Schools:What Valuels toTelachandinwhichAdministrativelandPoliticalContelxts.JournalofElducationfor Intelrnational Delvellopmelnt
Bascopé.(2013).NationalCurricularGuidellinelsandCitizelnshipElducationinSchoolsinLatin AmelricanCountriel.Journal Elducation.
Bromlely.(2011).DivelrsityinCivicElducation:FinlandinHistoricalandComparativelPelrspelctivel.JournalofIntelrnationalCoopelrationinElducation,Vol.14 No.2 (2011).
Darmadi, H. (2010). Pelngantar Pelndidikan Kelwarganelgaraan.Bandung:Alfabelta.
Danim,Sudarwan.(2010).PelngantarKelpelndidikan.Bandung:Alfabelta
Djamarah,SyaifulBahridanAswanZain.(2010).StratelgiBellajarMelngajar. Jakarta:RinelkaCipta.
Friska.(2010).Pelmbellajaran Pelndidikan Kelwarganelgaraan di Selkolah MelnelngahKeljuruan.JurnalIlmiah PPKnIKIP Veltelran Selmarang
Furqon, H.(2010).Pelndidikan Karaktelr Melmbangun PelradabanBangsa.Surakarta:YumaPusta.inIndonelsia.IntelrnationalElducationStudiels;Vol. 8, No. 8; 2015
GaffarFakry,(2010),PelndidikanKaraktelrBelrbasisIslam.(disampaikanpadaWorkshopPelndidikanKaraktelrBelrbasisIslam,08-10April2010diYokyakarta).
Gaffar,Mohammad.(2010.) PelndidikanKaraktelrBelrbasisIslam. Jogjakarta:MakalahWorkshopPelndidikanKaraktelrBelrbasis Agama. 22 Juli2010
Ghamrawi.(2015).PelrcelptionofCharactelrElducation:ThelCaselofLelbanelselSchoolLeladelrs.OpelnJournal of Leladelrship,2015, 4, 129-142.
Harun(2014).ManajelmelnPelndidikanKaraktelr.JurnalPelndidikan.JurnalPelndidikan
Helrnawan,HAdkk. ( 2010). BellajardanPelmbellajaran. Bandung : UPI PrelssKamaruddin.(2012).CharactelrElducationandStudelntsSocial Belhavior.Journalof ElducationandLelarning.Vol.6 (4)pp.223-230.Kelmelndiknas.(2011).
PanduanPelndidikanKaraktelr.Jakarta. KelmelntrianPelndidikanNasional,(2010),PelndidikanKaraktelrTeloridanPraktelk,.Jakarta:DirelktoratJelndelralManajelmelnPelndidikandanMelnelngahKelmelntelrianPelndidikan Nasional.
Koelsoelma.(2010).PelndidikanKaraktelr:StratelgiMelndidikAnakdiZamanGlobal.Jakarta: Grasindo.
Lapslely.(2010).TelachingMoralCharactelr:TwoStratelgielsforTelachelrElducation. JournalElducation.
Mantja,W.(2010).EltnografiDelsainPelnellitianKualitatifPelndidikandanManajelmelnPelndidikan.Malang: EllangMas.
Milels,MdanHubelrman,A.(1992).AnalisisDataKualitatif.Jakarta:PelnelrbitUnivelrsitasIndonelsia(UI-Prelss).
Munadhi,Y.(2013).MeldiaPelmbellajaran;SelbuahPelndelkatanBaru.Jakarta:Relfelrelnsi(GPPrelss Group).
Mustari,MdanRahman,T.(2014).NilaiKaraktelrRelflelksiUntukPelndidikan.
Jakarta:PT.Raja Grafindo.
Mawardi.(2011). Elvaluasi pelndidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pellajar.Melgawangi,Ratna.(2010).PelngelmbanganProgramPelndidikanKaraktelrDi Selkolah:PelngalamanSelkolahKaraktelr.Delpok:IndonelsiaHelritagelFoundation
Sugiyono. (2006). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:AlfaBelta.
. (2011). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfa Belta.
. (2015). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfa Belta.
Sudjana, N. (1985). Telknologi Pelngajaran. Bandung: Sinar Baru.Wartini.(2014).Pelngaruh implelmelntasi pelndelkatan saintifik telrhadap sikap sosialdan hasil bellajar PKn di kellas VI SD Jelmbatan Budaya, Kuta. el-JournalProgram Pascasarjana Univelrsitas Pelndidikan Ganelsha. Program StudiPelndidikanDasar (Volumel 4 Tahun 2014)
Suparlan.(2005).MelnjadiGuruElfelktif.Yogyakarta:HikayatPublishing.
Widada.(2010).PsikologiBellajar.Jakarta:Rinelka.Cipta.
WinaSanjaya.(2010).TeloridanPelrkelmbangananak.Jakarta:GrameldiaCitra
Winataputra,Udin.S.dkk.(2011).MatelridanPelmbellajaranPKNSD.Jakarta:UnivelrsitasTelrbuka
Winton.(2010).CharactelrElducation:ImplicationsforCriticalDelmocracy.IntelrnationalCriticalChildhoodPolicyStudiels,Vol1(1).
Zamroni.(2011).PelndidikanDelmokrasipadaMasyarakatMultikultural.GavinKalamUtama. Yogyakarta
Zí¼hal.(2012.)ThelElffelctofHiddelnCurriculumonCharactelrElducationProcelssofPrimarySchoolStudelnts.ElducationalScielncels:Thelory&Practicel–12
(2)[SupplelmelntarySpelcialIssuel] "¢Spring"¢1526-153
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.