PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN MONUMEN NASIONAL (MONAS)
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v20i1.64560Keywords:
Motivasi Fisik, Motivasi Budaya, Motivasi Interpersonal, Motivasi Fantasi, Wisatawan, Keputusan BerkunjungAbstract
Monumen Nasional (Monas) merupakan landmark Indonesia yang berpusat di kota Jakarta dan merupakan salah satu warisan cagar budaya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi wisatawan untuk datang berkunjung, salah satu hal yang diteliti oleh peneliti adalah motivasi wisatawan, dikarenakan penulis melihat bahwa terdapat dimensi lain dalam motivasi wisatawan yang berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seluruh dimensi dalam motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga dimensi dalam motivasi wisatawan yang berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung yaitu motivasi fisik dengan nilai Thitung sebesar 2,951, motivasi interpersonal dengan nilai Thitung sebesar 2,673, dan motivasi fantasi dengan nilai Thitung sebesar 2,478 , dan terdapat satu dimensi yang tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung yaitu motivasi budaya dengan nilai Thitung sebesar – 0,254, sedangkan secara keseluruhan atau simultan motivasi wisatawan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung didapatkan nilai Fhitung sebesar 22,036. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 48,1% dari variabel keputusan berkunjung yang dipengaruhi oleh variabel motivasi wisatawan, sedangkan 0,519 atau dalam persentase 51,9% dipengaruhi oleh beberapa faktor atau variabel lain diluar variabel penelitian yang diteliti, seperti aksesibilitas, daya tarik, promosi, dan lain sebagainya. Saran untuk pihak Kawasan Monumen Nasional (Monas) adalah diharapkan dapat terus memanfaatkan, mengembangkan fasilitas untuk masyarakat yang sudah ada, dan memberi wadah bagi generasi muda untuk ikut andil dalam kegiatan yang diadakan Kawasan Monumen Nasional.
References
Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding "a Land of Harmony" Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Ethika, T. D. (2016). PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS BUDAYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 2009 DI KABUPATEN SLEMAN. JURNAL KAJIAN HUKUM.
Meiliana, S., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Layanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Museum Sumpah Pemuda. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(2). https://doi.org/10.30813/fame.v3i2.2486
Rizki, D., Muksin, M., & Administrasi, F. I. (2018). Wisatawan Di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. 55(1), 196–203.
Sari, L. P. P. S., & Zuraida, L. (2019). Motivasi Wisatawan Mancanegara Berwisata Ke Ubud, Kabupaten Gianyar. Jurnal Kepariwisataan, 18(1), 45–55.
Sudirman, A. . (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. PT. Grafindo Indonesia.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Yulita, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Keputusan Untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 2(2), 165–183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.