Landasan Filosofis dan Teori Pendidikan Sejarah dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Karya Ratna Hapsari dan M. Adil
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.54288Keywords:
Landasan Filosofis, Teori Pembelajaran, Buku Teks SejarahAbstract
Artikel ini ditulis didasarkan pada buku teks yang memiliki fungsi sebagai sumber belajar siswa. Sehingga buku teks harus diformulasikan dengan berbagai macam teori khususnya teori pendidikan untuk buku teks sejarah. Dalam pembelajaran sejarah, buku teks bukan hanya berisi mengenai fakta-fakta atau penjelasan peristiwa, namun buku teks sejarah juga harus dikembangkan berdasarkan landasan filosofis dan teori pendidikan sejarah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur landasan filosofis dan teori pendidikan dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan menguraikan data mengenai landasan filosofis dan teori pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan filosofis dari buku teks sejarah karya Ratna Hapsari dan M. Adil menggunakan aliran filsafat Progresivisme dan aliran filsafat Rekonstruksionisme, sementara teori yang digunakan dalam buku tersebut adalah Teori Kognitif dan Teori Konstruktivisme.
Kata Kunci: Landasan Filosofis, Teori Pembelajaran, Buku Teks Sejarah
References
Baharuddin & Wahyuni,N. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Collingwood, R.C. (2001). The principles of history . New York : Oxford University Press.
Darmawan, W. (2010). Analisis Historiografis Terhadap Buku-buku Teks Pelajaran Sejarah SMP dan SMA Tahun 1999-2004. Jurnal Pendidikan Setiabudhi. 1(2): 67-82
Darmawan, W. & Mulyana, A. (2017). Antara Sejarah dan Pendidikan Sejarah: Analisis terhadap Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. File Universitas Pendidikan Indonesia. P. 278-289.
Djumransjah, H.M. (2004). Pengantar filsafat pendidikan. Malang: Bayumedia Pub
Fadillah,M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Indonesia. jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5: 17-24
Hamzah, dan Nurdin, M. (TT). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovativ, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hapsari, R. & Adil, M. (2016). Sejarah Indonesia Kelas X untuk SMA dan MA. Jakarta: Erlangga
Muhmidayeli. (2011). filsafat pendidikan. Bandung : Refika Aditama
Murtaufiq,S. (2014). Telaah kritis aliran-aliran filsafat pendidikan. Jurnal Akademika. 8: 192-204
Sjamsuddin, H. (2000). Penulisan buku teks sejarah: kriteria dan permasalahannya. Historia, I (I). Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI
Soedjatmoko. (1995). Sejarawan Indonesia dan zamannya. Dalam Soedjamoko et.al. Jakarta : Gramedia
Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13. dari jurnal Pendidikan Profesional. 5: 116-125
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.