Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kepedulian Siswa

Raras Gistha Rosardi *,

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Menguji perbedaan yang siginifikan pada hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian antara siswa; 2) Menguji keefektifan strategi Pemecahan Masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman DIY. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik  Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional: 1) menunjukkan perbedaan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian secara bersama-sama. 2) menunjukkan perbedaan terhadap hasil belajar kognitif. 3) menunjukkan perbedaan terhadap nilai kemandirian. 4) menunjukkan perbedaan terhadap nilai kepedulian.

Kata kunci: strategi pembelajaran pemecahan masalah, hasil belajar kognitif, kemandirian, kepedulian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats