ANALISIS RETORIKA VISUAL PADA KONTEN YOUTUBE KANAL SKINNYINDONESIAN24 DENGAN JUDUL "YOUTUBE LEBIH DARI TV"
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40433Keywords:
Retorika Visual, YouTube Lebih dari TV, Sosial MonopoliAbstract
Saat ini media semakin mengalami degradasi moral salah satunya yaitu praktik monopoli media dan monetisasi pada beberapa media social. YouTube merupakan media baru yang menjadi contoh dari praktik monopoli dan monetisasi media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pesan menggunakan retorika visual yang ditampilkan pada kanal YouTube milik SkinnyIndonesian24 dengan judul "YouTube Lebih dari TV". Fokus pada penelitian ini adalah pesan yang disampaikan oleh youtubers SkinnyIndonesian24 melalui video yang dibuatnya dengan menggunakan retorika visual pada beberapa shot (visualisasi) dan juga audio . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Retorika visual Sonja K. Foss dan menggunakan analisis segitiga retorik Hesford & Bruggemann serta teknik sinematografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam setiap shot pada video "YouTube Lebih dari Tv" menarasikan adanya fenomena sosial mengenai monopoli media di YouTube. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi dan membuka wawasan pada masyarakat luas.Downloads
Published
2021-06-29
How to Cite
Aini, S. N., A’yun, B. A. Q., Pradipta, E. D., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). ANALISIS RETORIKA VISUAL PADA KONTEN YOUTUBE KANAL SKINNYINDONESIAN24 DENGAN JUDUL "YOUTUBE LEBIH DARI TV". SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 30–48. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40433
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.