IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PERKULIAHAN DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.3748Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) peningkatan nilai-nilai kejujuran dan 2) peningkatan nilai-nilai tanggung jawab mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi (PPG) tahun ajaran 2010/2011 semester genap sejumlah 60. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Analisi data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan nilai-nilai kejujuran, dan 2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan nilai-nilai tanggung jawab.
Kata kunci: kejujuran, tanggung jawab, pembelajaran berbasis masalah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.