PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH LOKAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

Authors

  • Nur Aida Kubangun *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.3739

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh metode instruksional dan konsep pemahaman tentang sejarah hasil belajar mahasiswa lokal. Penelitian ini dilakukan di Universitas FKIP Pattimura, dengan sampel 36 mahasiswa yang dipilih secara acak. Percobaan dilakukan menggunakan model faktorial 2 x 2. Analisis data mengungkapkan empat temuan, pertama, secara umum ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diperlakukan dengan inkuiri oleh resitasi model yang ditunjukkan oleh 79,06 & gt; 4.00 kedua, ada interaksi antara metode pengajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar sejarah lokal yang ditunjukkan oleh 64,09 > 4,15; pembelajaran 4,15 ketiga, ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat tinggi yang diperlakukan dengan inkuiri dibandingkan dengan resitasi, ditunjukkan oleh 0,45 & It; 4,41 keempat, ada perbedaan dalam mempelajari hasil antara mahasiswa dengan minat rendah yang diperlakukan dengan resitasi dibandingkan dengan mahasiswa berminat rendah yang diperlakukan oleh inkuiri yang ditunjukkan oleh 0,93 < It; 4, 41.

Downloads

Published

2015-03-06

How to Cite

*, N. A. K. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH LOKAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1). https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.3739