Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi

Santi Santi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Ikaputera Waspada, Universitas Pendidikan Indonesia
Sumartini Sumartini, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan metode problem based learning dengan metode konvensional (ceramah, tanya jawab). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IIS 1 dan kelas XI IIS 2 dengan jumlah 65 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi semu (quasi eksperiment), untuk mengetahui hasil dari perlakuan yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan 2 metode. Hasil dari analsis data yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah atau terdapat pengaruh positif penggunaan metode problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi dengan sub judul materi perpajakan. Dengan hasil tersebut peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya bisa menggunakan metode problem based learning pada mata pelajaran ekonomi dengan sub judul materi yang lain.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan metode problem based learning dengan metode konvensional (ceramah, tanya jawab). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IIS 1 dan kelas XI IIS 2 dengan jumlah 65 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi semu (quasi eksperiment), untuk mengetahui hasil dari perlakuan yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan 2 metode. Hasil dari analsis data yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah atau terdapat pengaruh positif penggunaan metode problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional pada mata pelajaran ekonomi dengan sub judul materi perpajakan. Dengan hasil tersebut peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya bisa menggunakan metode problem based learning pada mata pelajaran ekonomi dengan sub judul materi yang lain.


Keywords


Problem Based Learning, Pemecahan Masalah Pembelajaran Ekonomi

Full Text:

Download PDF

References


Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Journal of Elementary Education, 2(1), 36–44.

Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.

Arends, R.I. 2009. Learning To Teach. New York: McGraw Hill.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Beetlestone, F. (2011). Creative Learning: Imaginative Teaching ab Narulito Yusron. Nusa Media. Bandung.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Krulik, Stephen dan Rudnick, Jesse A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston: Temple University.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69.

Mussardo, G. (2019). 済無No Title No Title. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540.

Nurudin, M., Mara, M. N., & Kusnandar, D. (2014). Ukuran sampel dan distribusi sampling dari beberapa variabel random kontinu. 03(1), 1–6.

Oktavianti, S., Farida, F., & Putra, F. G. (2018). Implementasi Model Osborn Dengan Teknik Mnemonic Melalui Teori Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MaPan, 6(1), 94–103. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a9.

Parwati, N. N. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa Smp Di Kota Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 612–622. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6058.

Pendidikan, J., Jpm, M., & Vol, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 306–325.

Polya, G. 1980. On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press.

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27-50.

Tilaar, H. A. R. (1998). Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional dalam perspektif abad 21. Indonesia Tera.

Tsai, M. H., & Tang, Y. C. (2017). Learning attitudes and problem-solving attitudes for blended problem-based learning. Library Hi Tech, 35(4), 622-635.

Utami, Exfarine S. (2016). Pengaruh metode Guided Discoveri Leraning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Variabel Kemandirian Belajar. Bandung: Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardhani, P. A. (2015). Efikasi Diri Dan Pemahaman Konsep IPA Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu, 6(5), 188–194.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Wijayanto, M. (2009). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Yamin, S., & Masek, A. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221. www.irssh.com.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842.




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.34091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Santi Santi, Ikaputera Waspada, Sumartini Sumartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats