Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA

Authors

  • Danan Tricahyono S2 Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret
  • Sariyatun Sariyatun S2 Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret
  • Suryo Ediyono S2 Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui wacana pendidikan multikultural dan pendidikan nilai dalam buku teks pelajaran sejarah SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi analisis wacana kritis dari Norman Fairclough yang terdiri dari tiga tahap. Pertama analisis teks, kedua analisis praktik diskursif, Ketiga praksis sosial. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan cara deskripsi, interpretasi dan eksplanasi. Peneliti melakukan analisis terhadap buku teks Sejarah Indonesia kelas X revisi tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan ditemukan sebelas narasi teks yang merepresentasikan pendidikan multikultural dan pendidikan nilai. Pada bab I Menelusuri Peradaban Awal Di Kepulauan Indonesia terdapat satu wacana toleransi terhadap keberagaman suku bangsa di Indonesia. Pada bab II Pedagang, Penguasa Dan Pujangga Masa Klasik (Hindu Dan Budha) terdapat wacana toleransi terhadap keberagaman etnis dan agama. Pada bab III Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara terdapat wacana gotong royong, akulturasi dan humanisme. Simpulan penelitian peranan guru menjadi penting untuk menghadirkan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter. Melalui proses pembiasaan dan keteladanan yang diambil dari muatan buku teks tentang nilai multikulturalisme dan pendidikan nilai guna dijadikan pedoman bagi siswa untuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

References

Fairclough, N. 2001. Critical Discourse Analysis. https://www.researchgate.net/publication/281506450, diakses pada 05 Juni 2020.

Gunawan, R, Lestariningsih, A.D & Sardiman. 2017. Buku Sejarah Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryatmoko. 2019. Critical Discourse Analysis. Depok: Rajawali Pers.

Kochar, S.K. 2008. Teaching of History. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. 2019. Educating for Character: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmudi. 2018. Islam Sebagai Agama Universal Humanistik. Prosiding Annual Conference on Comunity Engagement di Hotel Swiss-Bellin Airport Surabaya 26-28 Oktober 2018.

Ozturgut, O. 2011. Understanding Multicultural Education. Journal of Current Issues In Education vol. 14 no. 2 hal 1-10.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Zakiyah, Q.Y & Rudiana, A. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Reori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Published

2020-08-14

How to Cite

Tricahyono, D., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294