Pengembangan multimedia "˜gejala alam di Indonesia' berbasis Lectora bagi siswa sekolah
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20802Keywords:
multimedia, Lectora, IPS, sekolah dasarAbstract
IPS sebagai salah satu ilmu yang mengkaji segala sesuatu yang terjadi pada lingkungan mencoba menjawab terjadinya gejala alam yang berbeda setiap wilayah di Indonesia. Berdasarkan kondisi tersebut maka dikembangkan multimedia pembelajaran gejala alam berbasis Lectora yang diharapkan dapat membantu memudahkan siswa Sekolah Dasar dalam memperoleh gambaran secara visual, audio, audiovisual tentang keberagaman gejala alam yang terdapat di Indonesia, selain itu siswa dapat memahami cara menanggulangi bencana alam dengan karakteristik yang berbeda-beda pada setiap wilayah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, satu orang ahli media, uji coba terbatas pada siswa SD. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi, angket untuk siswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sebagai bahan untuk revisi produk agar layak digunakan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; penilaian dari ahli materi terhadap aspek materi memperoleh rerata 4,09 dengan kategori (Baik), penilaian dari ahli media terhadap aspek media memperoleh rerata 4,77 dengan kategori (Sangat Baik), hasil uji coba terbatas pada siswa memperoleh rerata 4,74 dengan kategori (Sangat Baik). Berdasarkan penilaian ahli, dan uji coba terbatas dapat disimpulkan bahwa multimedia gejala alam di Indonesia berbasis Lectora layak digunakan bagi siswa SD dalam memahami Kompetensi Dasar IPS.
References
Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction (Seventh Ed). Boston: Longman Publishing.
Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soemantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.