Pengembangan multimedia "˜gejala alam di Indonesia' berbasis Lectora bagi siswa sekolah

Authors

  • Dholina Inang Pambudi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20802

Keywords:

multimedia, Lectora, IPS, sekolah dasar

Abstract

IPS sebagai salah satu ilmu yang mengkaji  segala sesuatu yang terjadi pada lingkungan mencoba menjawab terjadinya gejala alam yang berbeda  setiap wilayah di Indonesia. Berdasarkan kondisi tersebut maka dikembangkan multimedia pembelajaran gejala alam berbasis Lectora yang diharapkan dapat membantu memudahkan siswa Sekolah Dasar dalam memperoleh gambaran secara visual, audio, audiovisual tentang keberagaman gejala alam yang terdapat di Indonesia, selain itu siswa dapat memahami  cara menanggulangi bencana alam dengan karakteristik yang berbeda-beda pada setiap wilayah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, satu orang ahli media, uji coba terbatas pada siswa SD. Instrumen pengumpulan data berupa lembar  validasi untuk  ahli  media dan ahli materi, angket untuk siswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan  statistik  deskriptif sebagai bahan untuk revisi produk agar layak digunakan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; penilaian dari ahli materi terhadap aspek materi memperoleh rerata 4,09 dengan kategori (Baik), penilaian dari ahli media terhadap aspek media memperoleh rerata 4,77 dengan kategori (Sangat Baik), hasil uji coba terbatas pada siswa memperoleh rerata 4,74 dengan kategori (Sangat Baik). Berdasarkan penilaian ahli, dan uji coba        terbatas dapat disimpulkan bahwa multimedia gejala alam di Indonesia berbasis Lectora layak digunakan bagi siswa SD dalam memahami Kompetensi Dasar IPS.

References

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction (Seventh Ed). Boston: Longman Publishing.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Published

2018-01-31

How to Cite

Pambudi, D. I. (2018). Pengembangan multimedia "˜gejala alam di Indonesia’ berbasis Lectora bagi siswa sekolah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 50–56. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20802