Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa

Emilia Fatriani, Program Studi pendidikan IPS PPs UNY
Sukidjo Sukidjo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode problem based learning, serta menyelidiki metode manakah yang lebih efektif antara metode Problem based learning dan metode ceramah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X MA Nurussalam Tetebatu. Sampel penelitian dipilih secara acak dari tiga kelas yang ada, sehingga diperoleh kelas X.3 dan X.2. Teknik analisis data terdiri dari: (1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan pembelajaran dengan metode problem based learning, (2)  multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan metode Problem based learning dan metode ceramah, dan (3) uji lanjut Univariat dengan kriteria Bonferroni digunakan untuk menyelidiki metode mana yang lebih efektif antara metode Problem Based learning dan metode ceramah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan metode problem based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa, (2) metode ceramah tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, (3) metode ceramah efektif untuk meningkatkan sikap sosial siswa, dan (4) metode problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa.

Keywords


metode Problem based learning, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan berpikir kritis, sikap sosial

Full Text:

DOWNLOAD FULL TEXT

References


Arends, R.I & Kilcher, A. (2010). Teaching for students learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge Taylor & Francois Group.

Ismaimuza, Dasa. (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha program studi pendidikan matematika. Volume 4.1-10.

Ennis, R.H. (1996). Critical thinking disposition: their nature and assessability. Informal Logic, 18, 165-182.

Gerungan, W.A. (2004). Psikologi sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hassoubah, Z.I. (2007). Mengasah pikiran kreatif dan kritis: disertai ilustrasi dan latihan. Bandung: Nuansa.

Kemp, E.J., Morrison G.R.,& Ross, S.M. (1994). Designing effective instruction. New York, NY: Merrill.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Murwantono & Sukidjo. (2015). Peningkatan hasil belajar IPS dengan model problem based learning berbantuan media simultan gambar. Harmoni sosial, Jurnal PIPS. Vol. 2. 1-13.

Nelson, J.L., Palonsky, S.B & McCarthy, M. R. (2004). Critical issues in education dialogues and dialectics. New York, NY: McGraw Hill Companies, Inc.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. (2011). Evaluasi pendidikan: prinsip dan operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulaiman, F, & Eldy, E.F. (2014). A comparison of integrated problem-based learning approach in theoretical and mathematical courses in physics towards students’ critical thinking: a case study in University Malaysia Sabah. International Journal of Education and Research. 2. 1-10.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi pembelajaran teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Surapranata, S. (2006). Analisis, validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufik, A.M. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning: bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: kencana.

Westwood, P.S. (2008). What teacher need to know about teaching methods. Camberwell, V: Acer Press.

Wood, E.J. (2004). Problem based learning: eksploiting knowledge of how people learn to promote effective learning. BEE-j Vol 3 di ambil pada tanggal 15 februari 2015, dari http:/bio.itsn.ac.uk/journal/volume 3/beej-3-5.htm.





DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Emilia Fatriani dan Sukidjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo


View My Stats