KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE PjBL, PBL, INQUIRY, DAN DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keefektifan metode Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquirí, dan Discovery untuk pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Bantul; dan (2) rangking keefektifan metode Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquirí, dan Discovery untuk pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Bantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA, dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquiry dan Discovery dalam pembelajaran Geografi di SMA N Kabupaten Bantul ; dan (2) hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa urutan keefektifan metode-metode yang dieksperimenkan adalah metode Project-based Learning merupakan metode paling efektif (gain score 14,7), disusul dengan metode Problem-based Learning (gain score 10,77), kemudian metode Inquiry (gain score 7,83) dan yang paling rendah keefektifannya adalah metode Discovery (gain score 4,95).
Kata Kunci: Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquiry, Discovery, hasil belajar Geografi siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats