PIRO’S PIE ROGUT TEMPE PRODUK INOVASI KAYA AKAN PROTEIN
Badraningsih Lastariwati, , Indonesia
Abstract
Untuk meningkatkan minat konsumsi tempe, terutama di kalangan anak-anak dan remaja, diperlukan inovasi dalam mengolah tempe menjadi produk makanan yang lebih menarik dan praktis. Salah satu olahan yang berpotensi adalah pie tempe dengan isian utama tempe. Dengan adanya olahan produk makanan pie tempe yang kaya akan protein, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat akan asupan protein yang cukup, sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai manfaat tempe sebagai sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk penelitian yang valid melalui proses atau langkah yang dilakukan secara berulang-ulang seperti pengujian di lapangan, revisi produk, hingga akhirnya menghasilkan produk yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pembuatan PIRO’S dengan melalui uji coba resep produk acuan, uji coba resep produk pengembangan, uji validasi produk oleh expert, uji tingkat kesukaan produk dengan panelis skala terbatas, serta melalui tahap disseminate dimana produk diujikan kepada masyarakat umum melalui pameran dan artikel ilmiah. Berdasarkan hasil rekap data uji secara berturut-turut yaitu pada tahap define resep acuan 1 (R1), tahap design dinyatakan bahwa formula 3 dan 2 terpilih menjadi produk pengembangan kulit dan isian pie, tahap develop menunjukkan bahwa nilai rerata dari resep acuan dan resep pengembangan tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tahap disseminate uji sensoris aroma, rasa, dan tekstur memiliki hasil < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan untuk warna dan keseluruhan memiliki hasil p-value > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan signifikan. Berdasarkan penelitian PIRO’S Pie Rogut Tempe Sayur dengan presentase kulit pie 30% dan isian pie 40% terpilih sebagai produk pengembangan dengan inovasi tempe yang kaya akan protein dan kemasan produk terpilih yaitu kemasan plastik OPP sebagai kemasan primer dan box kemasan sushi sebagai kemasan sekunder dengan harga jual 4.800/pcs.
Refbacks
- There are currently no refbacks.