PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN SAKU PASPOAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 DEPOK
Emy Budiastuti, , Indonesia
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pencapaian kompetensi pembuatan saku paspoal siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok; 2)Meningkatkan kompetensi pembuatan saku paspoal siswa kelas XI SMK Negeri 1 Depok dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain penelitian yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Depok dengan populasi 36 orang siswa kelas XI DPB dan menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi, tes tertulis dan lembar unjuk kerja. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan reliabilitas menggunakan Prosentage of Agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembuatan saku paspoal dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahapan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup; 2) Peningkatan kompetensi pembuatan saku paspoal dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning menunjukkan peningkatan pada pra siklus sebesar 61,11% siswa, pada siklus I menjadi 77,78% siswa dan pada siklus II menjadi 100% siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembuatan saku paspoal dapat meningkatkan kompetensi siswa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.