CHIPEE (MOCHI TEMPE) COKELAT DENGAN SUBSTITUSI TEMPE SEBAGAI MAKANAN PENUTUP YANG SEHAT UNTUK GENERASI Z
Marwanti -, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan resep produk Chipee (Mochi Tempe), 2) menemukan kemasan produk Chipee (Mochi Tempe), 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk Chipee (Mochi Tempe). Metode penelitian yang digunakan dalam produk Chipee (Mochi Tempe) adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1) define menemukan resep terbaik dari 3 resep acuan, 2) design membuat 3 resep substitusi puree tempe dari resep acuan untuk menemukan persentase substitusi terbaik, 3) develop melakukan uji validasi resep acuan dan pengembangan oleh validator berpengalaman, 4) disseminate menyebarkan produk ke masyarakat untuk mengetahui tingkat penerimaan produk. Analisis data diperoleh dari 50 orang panelis tidak berpengalaman kemudian diuji paired t-test agar mengetahui tingkat perbedaan daya terima antara produk acuan dan pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) resep produk Chipee (Mochi Tempe) dengan substitusi puree tempe yang tepat adalah sebanyak 25%, 2) kemasan produk menggunakan plastik OPP ukuran 10x7 cm sebagai kemasan primer dan paper box ukuran 20x12x5 cm sebagai kemasan sekunder, 3) hasil penilaian uji sensoris masyarakat yang menunjukkan daya terima masyarakat terhadap produk Chipee (Mochi Tempe) dan hasil uji paired t-test. Nilai p-value dari aspek warna, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan secara berurutan adalah 0,010; 0,012; 0,001; 0,024; 0,012 bernilai < α = 0,05 terdapat perbedaan signifikan, sedangkan untuk aroma p value 0,055 bernilai > α = 0,05 tidak ada perbedaan yang signifikan. Penerimaan masyarakat terhadap Chipee (Mochi Tempe) lebih tinggi dibandingkan mochi biasa, 4) harga jual Chipee (Mochi Tempe) per pcs Rp3.500 dan per box dengan isi 6 pcs Rp22.000, serta BEP unit 25 unit dan BEP harga Rp87.500.
Refbacks
- There are currently no refbacks.