PENERIMAAN PRODUK INOVASI MARTABAK UDANG SEBAGAI CAMILAN OLEH MASYARAKAT

Putri Wahyuni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Badraningsih Lastariwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Indonesia merupakan negara maritim namun tingkat konsumsi ikannya rendah. Untuk itu diperlukannya inovasi produk makanan dari olahan ikan. Udang merupakan salah satu seafood yang digemari oleh orang-orang. Martabak merupakan camilan yang bercita rasa gurih yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menemukan resep produk martabak udang yang tepat dan 2) mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk martabak udang. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan rangkaian tahapan 4D (define, design, develop, disseminate) dengan panelis sebanyak 50 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan resep martabak udang yang tepat dalam pembuatan produk inovasi ini adalah sebanyak 75%. Hasil uji-t menunjukkan bahwa angka yang didapatkan lebih dari 0,05 untuk produk acuan dan pengembangan. Hal ini berarti produk acuan dan pengembangan dapat dikatakan tidak berbeda nyata yang berarti produk diterima oleh masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.