PEMANFAATAN PANGAN LOKAL UNTUK PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA OPAK 7 BULAN

Kokom Komariah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fitri Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abdul Malik, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kali Opak 7 bulan merupakan salah satu  tempat  wisata  yang selama pandemic mengalami kemunduran  karena  tidak adanya pengunjung yang datang ke kawasan ini. Kegiatan  ini secara umum  bertujuan untuk menghidupkan kembali kawasan wisata opak 7 bulan melalui peningkatan  pengetahuan dan keterampilan  para pengelola  dalam  membuat makanan dan minuman dengan kemasan dan penampilan yang menarik  sehingga  menjadi  produk unggulan masyarakat sekitar yang dapat  disajikan di  tempat wisata kali opak.

Sasaran kegiatan ini  adalah pengelola   Kawasan wisata  opak 7 bulan yang berada di dusun dalem  Tamanmartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Materi yang diberikan tentang  potensi pangan lokal, cara memproduksi  makanan yang  baik,  dan cara mengemas dan  menghitung harga jual produk.  Metode yang digunakan untuk peningkatan pengetahuan  dan keterampilan membuat makanan dan minuman  digunakan pelatihan dan pendampingan.

Hasil kegiatan  ini adalah  meningkatnya  pengetahuan tentang  potensi pangan lokal, cara memproduksi  makanan yang  baik. Dimilikinya  keterampilan  mengolah makanan unggulan, mengemas dan  menghitung harga jual produk  yang siap diterapkan sebagai produk unggulan di Kawasan  wisata opak 7 bulan, baik sebagai makanan oleh-oleh maupun  sebagai hidangan yang siap santap di tempat wisata.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.