EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA
Sri Wahyu Andayani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Desy Tri Inayah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas penggunaan media jobsheet pada mata pelajaran pembuatan pola; 2) hasil belajar pada mata pelajaran pembuatan; 3) efektivitas penggunaan media jobsheet terhadap hasil belajar mata pelajaran pembuatan pola. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X tata busana SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta yang berjumlah 72 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner), dan dokumentasi nilai rapor. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) efektivitas penggunaan media jobsheet tergolong dalam kategori rendah dengan frekuensi relatif 50% yang berada pada interval 57,8 < 61,6 dan frekuensi 21 peserta didik, 2) hasil belajar pada mata pelajaran pembuatan pola tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan frekuensi relatif 100% yang berada pada interval
> 75, 3) efektivitas penggunaan media jobsheet terhadap hasil belajar mata pelajaran pembuatan pola memiliki pengaruh positif dengan nilai r hit= 0,481 > r tab= 0,304.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.