PEMBUATAN TORTILLA IKAN TENGGIRI UNTUK INOVASI PENJUALAN PRODUK UMKM

Deva Ria Nurvita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ichda Chayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Menghadapi persaingan bisnis dalam era globalisasi ini sangat ketat dimasa setiap perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta berusaha untuk menciptakan produk yang berbeda dengan pesaing. Dengan demikian usaha pengembangan produk yang berbeda,dapat menjadi suatu strategi yang efektif bagi perusahaan dalam memberikan penawaran produk yang inovatif sehingga tercapai suatu kepuasaan masing-masingpihak, baik dari pembeli karena membeli produk yang sesuai dengan kebutuhannya dan selaranya maupun bagi pihak perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan produk-produknya dan juga menjaga citra baik perusahaan di mata pelanggan.Prosedur pengembangan dalam penelitian kali ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau yang biasa dikenal dengan Research and Development. Melalui empat tahap yaitu Define, Design, Disseminate, dan Development. Setelah melakukan pengembangan dari 4 tahap itu terpilihlah satu buah resep acuan dengan substitusi 25% ikan tenggiri dari tepung. Hasil uji panelis pada 50 orang menunjukkan kesukaan mereka terhadap tortilla ikan tenggiri substitusi ikan 25%. Jadi, tortilla substitusi ikan tenggiri dapat diterima oleh masyarakat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.