SUBSTITUSI TEPUNG PISANG (Musa paradisiaca) PADA PEMBUATAN BANANA ROLL CAKE UNTUK MENDUKUNG GERAKAN DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL

Hanif Ammar Muttaqin, , Indonesia
Fitri Rahmawati, , Indonesia

Abstract


Kesadaran masyarakat akan pentingnya umbi-umbian sebagai pangan alternatif sangatlah kurang. Sejauh ini konsumsi terhadap umbi-mbian masih sebatas pada pelaksanaan acara-acara yang bersifat seremoni. Salah satu upaya dalam meningkatkan diversifikasi pangan lokal dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan bahan pangan lokal untuk bahan baku pembuatan roll cake. Bahan utama dalam pembuatan roll cake yaitu tepung terigu. Bahan pangan lokal yang dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan tepung adalah buah pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resep dan tingkat kesukaan masyarakat pada produk roll cake substitusi tepung pisang (Musa paradisiaca). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. Uji kesukaan dilakukan oleh 50 panelis dari masyarakat umum dengan menggunakan borang uji kesukaan. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Uji kesukaan berpedoman pada identifikasi sifat organoleptic produk, meliputi warna, aroma, rasa, dan tekstur. Roll cake substitusi tepung pisang (Musa paradisiaca) ini dapat diterima oleh panelis dengan nilai terhadap sifat keseluruhan sebesar 4,7.
Kesimpulannya, tepung pisang (Musa paradisiaca) dapat digunakan sebagai substitusi dalam pembuatan inovasi produk untuk mendukung diversifikasi pangan lokal.

Kata kunci: Tepung pisang,roll cake, diversifikasi pangan lokal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.