SOFT COOKIES LABU KUNING SEBAGAI SNACK OLEH-OLEH KHAS BANYUWANGI, JAWA TIMUR

Fathina Miftahul Ajriya, , Indonesia

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk menemukan resep yang tepat, menentukan penyajian dan kemasan produk, mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk, menentukan harga jual dan break-even point pada produk, dan menganalisis business model canvas pada produk soft cookies labu kuning. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau sering disebut juga Research and
Development (R&D). Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu borang percobaan, borang uji sensoris validasi, borang uji sensoris panelis, borang penerimaan dan alat tulis. Daata pengujian validasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data uji kesukaan kemudian dianalisis dengan uji-T. Hasil dari penelitian ini mendapatkan satu resep acuan terbaik yaitu resep acuan dua, kemudian dikembangkan dan menghasilkan satu resep pengembangan terbaik yaitu resep dengan formula tepung labu sebesar 15%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang tidak signifikan terhadap tingkat kesukaan masyarakat pada produk pengembangan dan produk acuan. Tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk pengembangan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk acuan.

Kata kunci : Soft Cookies, Labu Kuning, Banyuwangi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.