PENGEMBANGAN PRODUK MILLE CREPES DENGAN SUBTITUSI TEPUNG UBI UNGU

Anggit Wiga Christanti, , Indonesia
Endang Mulyatiningsih, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan resep produk mille crepes dengan subsitusi tepung ubi ungu; (2) mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk mille crepes dengan subsitusi tepung ubi ungu. Penelitian dan pengembangan produk dilakukan pada bulan Februari 2021 – Mei 2021. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan (Define, Design, Develop, Disseminate) 4D. (1) Define: menemukan resep acuan; (2) Design: merancancang resep baru; (3) validasi I, evaluasi produk, validasi II; (4) Disseminate: uji kesukaan masyarakat. Hasil penelitian ini adalah (1) produk mille crepes dengan bahan baku 60% tepung ubi ungu dengan teknik olah didadar; (2) tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk mille crepes dengan nilai rerata keseluruhan 4,24 atau disukai sehingga menunjukkan bahwa produk dapat diterima masyarakat.

Kata kunci: Tepung ubi ungu, Mille Crepes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.