PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 1 KALASAN UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF

Meila Hutami Kenanga Wulan, , Indonesia
Titin Hera Widi Handayani, , Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Teaching Factory di SMKNegeri 1 Kalasan dalam rangka mendukung perkembangan industri kreatif ditinjau dari persiapan,pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Koordinator I Technopark,Koordinator Teaching Factory kompetensi keahlian Tata Boga dan 1 orang guru produktif. Hasilpenelitian menunjukan pada aspek perencanaan program kerja dan pembentukan Teaching Factorydan Technopark di SMK N 1 Kalasan Telah dilaksanakan berdasarkan dasar hukum dan perundanganyang kuat, dan program disusun berdasarkan hasil eveluasi. Aspek pengorganisasian dalampelaksanaan Teaching Factory tim Technopark telah membentuk tim untuk tiap-tiap unit sesuaidengan kompetensi keahlian bidang yang melibatkan pendidik didalamnya. Siswa . Pada AspekPelaksaan Teaching Factory terbagi sesuai dengan kompetensi bidang keahlian masing-masing.Siswa dilibatkan dalam proses produksi yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi diindustri danterdapat kerjasama hyang luas antara sekolah dan industri. Aspek evaluasi dalam pelaksanaanTeaching Factory Terbagi dilaksanakan menjadi 2 bagian yaitu evaluasi menyeluruh dan evaluasipasca kegiatan dilaksanakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.