PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA PEOGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NU BANAT KUDUS

Siti Safiah, , Indonesia
Sri Endah Wahyuningsih, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Teaching Factory,serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan Teaching Factory di SMK NU BanatKudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan berpedoman wawancara,observasi dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Subyek penelitiannya KepalaSekolah, Ketua Program Keahlian Tata Busana, guru Tata Busana, dan siswa. Hasilpenelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan Teaching Factory di SMK NU Banat Kudusmeliputi a) pembentukan manajemen untuk merencanakan sasaran, mengatur pekerjaandan kerjasama dengan industri; b) standar kompetensi sesuai kebutuhan industri; c) siswayang dilibatkan adalah seluruh siswa SMK NU Banat Kudus; d) media pembelajaranmerupakan produk yang akan dijadikan contoh dalam proses produksi; e) perlengkapan danperalatan digunakan untuk proses produksi/jasa; f) pengajar dari bidang akademik danpengalaman industri; g) proses produksi dilakukan dengan prosedur yang jelas; h)pemasaran produk dilaksanakan dengan media cetak dan media elektronik; i) evaluasipelaksanaan dilakukan oleh koordinator Teaching Factory. 2) Faktor yang menghambatstruktur manajemen Teaching Factory masih menggunakan struktur organisasisekolah, manajemen waktu siswa yang berkurang karena pandemi, belum memiliki mesinprint kain. 3) Faktor yang mendukung menunjukan SDM yang unggul baik dari siswamaupun pengajar, sarpras yang menunjang, jaringan pemasaran produk.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.