ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK BUSANA LULUSAN BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN BANTUL

Afifah Nur Aqini, , Indonesia
Siti Mariah, , Indonesia
Desy Tri Inayah, , Indonesia

Abstract


Keberhasilan program pendidikan dan pelatihan dapat dilihat dari outcome lulusannya yang membuka usaha jasa produksi busana. Produk busana yang berkualitas merupakan bukti keberhasilan program pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk busana lulusan kursus keterampilan menjahit Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel secara propotional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk busana berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis indikator kepuasan pelanggan yang meliputi bahan pelengkap busana, kualitas hasil jahitan, kenyamanan busana, dan pelayanan memuaskan berada dalam kategori tinggi, sedangkan kepuasan pelanggan terhadap harga terjangkau dan waktu penyelesaian berada dalam kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Busana, kepuasan pelanggan, kualitas produk, Balai Latihan Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.