Pembelajarann Berorientasi Kreativitas Yang Terintegrasi Pada Mata Pelajaran

Ichda Chayati, , Indonesia

Abstract


Pemerintah menetapkan tahun 2009 sebagai Tahun Industri Kreatif. Industri kreatif akan menjadi sektor yang sangat dominan di ekonomi dunia, dan negara mana pun yang sanggup memimpin di sektor ini dapat memimpin perekonomian dunia. Untuk itu, tugas pendidikan di Indonesia untukmenyiapkan tenaga kerja yang siap memasuki industri kreatif, sehingga diperlukan pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter kreatif.

Nilai-nilai kreativitas bisa diajarkan melalui mata pelajaran tersendiri, namun seringkali hal ini menjadi sangan teoritis. Oleh karena itu, akan lebih efektif jika pembelajaran tentang kreativitas diajarkan melalui mata pelajaran yang sudah ada, namun dengan beberapa perubahan, dengan memasukkan beberapa unsur yang dapat mengembangkan kreativitas, misalnya menumbuhkan kemampuan bekerja sama, suka eksperimen, berani tampil beda, permainan mental, permainan "Seandainya...", berani ambil resiko, percaya diri, toleransi, menyayangi, menjaga kebugaran badan, dan membuat catatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.