KAJIAN SEMIOTIKA FASHION DENGAN OBJEK DESAIN BUSANA TRADISIONAL

Hariana Hariana, , Indonesia

Abstract


Fashion sebagai komunikasi memperkenalkan fashion dan pakaian sebagai salah satu cara mengkomunikasikan identitas kelas, gender dan masalah sosial. “Pakaian yang kita kenakan merupakan ungkapan pernyataan” (Davis, 1992: 3 dan dalam Soloman, 1985: 15). Pakaian yang kita pakai bisa menampilkan berbagai fungsi sebagai bentuk komunikasi, pakaian bisa menyampaikan pesan arti faktual yang bersifat non verbal. Menurut Desmond Morris, dalam Manwatching : A Field Guide to Human Behavior (1977), pakaian juga menampilkan peran sebagai pajangan budaya (cultural display) karena ia mengkomunikasikan aplikasi budaya kita. Semiotika fashion merupakan salah satu kajian tentang tingkatan makna denotasi dan konotasi dan bagaimana tingkatan tersebut muncul lewat perbedaan syntagm dan paradigm.

Kata Kunci: Fashion, Tradisional, Syntagm, Paradigm


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.