MENGEMBANGKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS (Sebuah Pemikiran Menyambut Penerapan Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi)

Widihastuti Tri Maryanto, , Indonesia

Abstract


Abad 21 adalah era globalisasi yang diiringi dengan era pengetahuan (knowledge age) dan perubahan dunia yang sangat cepat. Hal ini berimplikasi pada berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan di perguruan tinggi. Menghadapi hal tersebut maka pemerintah mencanangkan program penerapan kebijakan kurikulum 2013 di perguruan tinggi. Sejalan dengan hal ini, maka pendidikan di perguruan tinggi harus mampu menyiapkan generasi penerus yang memiliki kemampuan dan kebiasaan berpikir kritis, meneliti, memecahkan masalah, membuat keputusan, dan karakter yang baik yang tercermin dalam sikap positif mahasiswa secara tepat dan arif. Mengingat hal tersebut, maka sangatlah tepat jika pendidikan di perguruan tinggi senantiasa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills disingkat HOTS) dan sikap positif bagi mahasiswanya. Untuk mencapai keduanya, maka perlu diterapkan sebuah model penilaian yang terintegrasi dalam pembelajaran secara terencana dan terprogram dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang cendekia, berkarakter positif, dan mampu tampil kompetitif dalam pergaulan internasional sesuai yang diharapkan. Salah satu model penilaian di perguruan tinggi yang bisa diterapkan untuk mengembangkan HOTS dan sikap positif mahasiswa adalah assessment for learning (AFL) berbasis higher order thinking skills (HOTS).

Kata kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Sikap Positif Mahasiswa, Assessment for Learning (AFL) berbasis HOTS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.