PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI

prihastuti ekawatiningsih, , Indonesia

Abstract


Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Perkembangan kemampuan dan kompetensi guru dalam membuat dan merancang strategi pembelajaran dengan pendekatan CTL akan dapat menunjang kemajuan pembelajaran di sekolah sekaligus dapat meningkatkan kualitas atau mutu lulusan yang dihasilkan. Karakteristik Pembelajaran berbasis Contextual Teaching Learning memiliki ciri-ciri antara lain: kerjasama, saling menunjang, menyenangkan, tidak membosankan, belajar dengan bergairah, pembelajaran terintegrasi, menggunakan berbagai sumber dan siswa aktif. Pada model pembelajaran ini siswa belajar tidak sekedar menghafal, melainkan mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri. Siswa belajar dari mengalami, mencatat sendiri pola-pola bermakna dari pengetahuan baru, bukan dari gurunya. Pengetahuan yang didapat tidak dapat dipisah-pisahkan menjadi fakta-fakta tetapi mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan. Proses belajar dapat mengubah struktur otak sehingga siswa perlu dibiasakan memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan bergelut dengan ide-ide. Strategi pembelajaran pada dasarnya menunjukan cara mengorganisasikan proses belajar mengajar, digunakan untuk mencapai tujuan instruksional, dan menunjukan langkah-langkah pelaksanaan. Adapun urutan kegiatan instruksional mengandung beberapa komponen yaitu pendahuluan, penyajian dan penutup.
 
 
Kata Kunci: CTL, strategi pembelajaran, kompetensi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.