MEMBANGUN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN UNTUK MEWUJUDKAN WONDERFUL AND KINDNESS PEOPLE

Kapti Asiatun, , Indonesia

Abstract


Karakter adalah kunci keberhasilan setiap insan. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa 90% kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku: tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan hubungan personal yang tidak baik. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa 80% keberhasilan seseorang di masyarakat ditentukan oleh emotional quotient (http://www.pendidikancarakter.com). Ditengah kebangkrutan moral bangsa, maraknya tindak kekerasan, inkoherensi politisi atas retorika politik, dan perilaku keseharian, pendidikan karakter yang menekankan dimensi etis- religius menjadi relevan untuk diperkokoh dan diimplementasikan dalam kehidupan.
Sejujurnya perlu diakui bahwa arah dan tujuan pembangunan bangsa Indonesia sebagaimana tertulis dan diamanatkan dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) telah memenuhi target ideal yang diharapkan masyarakat. Tujuan pembangunan diarahkan pada pencapaian pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, baik jasmani maupun rohani. Lebih lanjut UU No 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun demikian apa yang menjadi amanat GBHN dan UU tersebut pada kenyataannya belum mampu tersosialisasikan secara baik. Dampak langsung yang dirasakan adalah banyak lulusan pendidikan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, namun kurang terbina karakternya.
Kunci kemenangan suatu negara dalam kompetisi di era global adalah kemampuannya mengelola dan memberdayakan sumberdaya manusia (SDM) sehingga memiliki keunggulan : berintelektual hebat, memiliki fisik yang sehat dan kuat, memiliki skill dan kompetensi unggul, memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh (wonderful), serta berkarakter (mental, kecerdasan emosi, dan spiritual) bagus (kindness). Akhirnya, melalui pendidikan diharapkan dapat meningkatkan semua potensi kecerdasan dan dengan dilandasi karakter yang kokoh, diharapkan SDM Indonesia di masa depan akan memiliki daya saing yang tinggi untuk hidup damai dan sejahtera sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia yang semakin maju dan beradab.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter , Wonderful and Kindness People


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.