ANALISIS PREFERENSI KONSUMSI DALAM MEMBELI RATUS (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT JOGYAKARTA DAN DKI JAKARTA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut ratus yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen di Yogyakarta dan DKI Jakarta, dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli Ratus di Yogyakarta dan DKI Jakarta.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di pasar tradisional pada dua propinsi yaitu DI Yogyakarta dan DKI Jakarta dengan jumlah sampel 100 responden. Jenis data yang digunakana adalah data primer yang diperoleh melalui teknik pencatatan, wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis sikap multiatribute Fishbein dibantu dengan software SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah Responden dari asal daerah Jakarta banyak memilih ratus dengan atribut warna coklat muda sebanyak 21 orang (42%) Untuk responden dari asal daerah Yogyakarta , banyak memilih ratus dengan atribut warna coklat muda sebanyak 20 orang (40%). Responden yang bamyak membeli ratus yaitu umur responden di DKI Jakarta, terbanyak berkisar antara umur antara 20-40 tahun sebanyak 40 orang (80%). Sedangkan di Yogyakarta 44 orang (88%). tingkat pendidikan responden di DKI Jakarta, terbanyak berpendidikan SMA dalam membeli ratus, sebanyak 27 orang (45%). Sedangkan di Yogyakarta 33 orang (55%). Status pekerjaan pada masyarakat dj Yogyakarta dan DKI Jakarta yang membeli Ratus pada penelitian paling banyak adalah Ibu rumah tangga yang tidak bekerja sebanyak 27 orang (27%%). Untuk responden yang berasal dari Yogyakarta ada 13 0rang (48.1%) yang membeli ratus. sedangkan ibu rumah tangga yang membeli ratus berasal dari daerah DKI Jakarta ada 14 orang (51.9%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.